Logo BeritaSatu

Mendag Minta Pengusaha Besar Bantu UMKM Berkembang

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:24 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi lokal melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Untuk itu, ia meminta pelaku usaha besar membantu pelaku UMKM agar terus berkembang.

“Saya meminta pelaku usaha besar membantu warung-warung dan UMKM. Salah satunya dengan menyuplai produk harga sama dengan ritel modern, sehingga mempunyai keadilan. Hal ini untuk mendorong sentra UMKM dan pedagang kecil, termasuk sektor pertanian untuk terus berkembang,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan resminya saat menghadiri pembukaan pasar sentra hasil bumi dan produk usaha UMKM serta Gerakan Masyarakat Melek Metrologi di Kabupaten Serang, Banten, Kamis (28/7/2022).

Mendag mengungkapkan, Kementerian Perdagangan telah mengembangkan pemasaran digital untuk UMKM melalui platform digital. Pemasaran digital akan memotong rantai distribusi, sehingga memudahkan pertemuan antara penjual dan pembeli. Sebelumnya, Kementerian Perdagangan juga menetapkan target penerapan digitalisasi tahun 2022 pada 1.000 pasar rakyat dan 1 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia dalam meningkatkan transaksi perdagangan di pasar rakyat.

“Diharapkan UMKM kita dapat terus berkembang. Pemerintah pusat dan daerah harus memanfaatkan platform digital untuk membantu mempertemukan penjual dan pembeli. Pemerintah daerah dan pusat harus mulai menyambungkan, membina petani, dan UMKM menggunakan platform digital sehingga lebih dekat dengan pasar,” jelas Mendag.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag juga meluncurkan program "Masyarakat Melek Metrologi"’ (Program 3M). Tujuannya untuk mempromosikan metrologi dan menumbuhkembangkan budaya tertib ukur kepada masyarakat. Selain itu, gerakan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat di bidang metrologi legal. Gerakan 3M diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap ukuran, takaran, dan timbangan, khususnya dalam transaksi perdagangan.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melakukan survei pemahaman masyarakat terhadap metrologi legal di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi di Indonesia di tahun 2021. Tujuannya untuk melihat sikap, keterampilan, dan perilaku masyarakat di bidang metrologi legal. Hasilnya, tingkat pengetahuan masyarakat tentang metrologi masih pada level sebatas mengetahui, belum mengerti, dan peduli terhadap ukuran, takaran, serta timbangan pada saat melakukan transaksi perdagangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE