Logo BeritaSatu

Kurangi Penggunaan Kertas 59%, Danone Indonesia Diapresiasi

Sabtu, 30 Juli 2022 | 06:43 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Klaten, Beritasatu.com – Kertas menyumbang sekitar 26% dari total sampah di tempat pembuangan akhir. Untuk itu, operasional produksi tanpa kertas akan berkontribusi langsung dalam pemanfaatan air lebih efisien dan pengurangan jejak karbon. Hal ini disadari perusahaan makanan dan minuman Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia yang berupaya menjalankan operasional produksi tanpa kertas. Secara tahunan, Danone telah mengurangi penggunaan kertas hingga 59%.

Inisiatif ini membawa Pabrik Danone SN Indonesia di Prambanan meraih pencapaian "Paperless Award" yang digelar Tolson Consulting, perusahaan konsultan dalam manajemen perubahan. Penghargaan ini diberikan pada perusahaan dalam upaya menuju operasional tanpa kertas melalui solusi digital.

“Kami berkomitmen menjalankan bisnis berkelanjutan dengan memperhatikan faktor lingkungan dan sosial melalui usaha transformasi digital. Inisiatif ini juga sejalan komitmen Danone mencapai positive water impact, kami berkomitmen mengembalikan air lebih banyak dari pada yang kami gunakan pada 2030, dan menjadi perusahaan yang netral karbon pada tahun 2050,” kata Kepala Pabrik Danone SN Prambanan Joko Yulianto dalam keterangan tertulisnya Sabtu (30/7/2022).

Dalam penghargaan ini, Danone SN Indonesia berhasil meraih predikat ‘Digital Tree’ karena menjalankan operasional produksi tanpa kertas sekaligus menerapkan sistem pemantauan terorganisir di empat lini produksi/departemen Pabrik Prambanan, yang merupakan 24% dari total area produksi.

Danone SN Indonesia berhasil mencapai kemajuan signifikan dengan mengurangi penggunaan kertas 59,5% dari total produksi, menghemat 740.000 liter air dan 398 kg CO2 per tahun. Dalam konteks peningkatan kinerja, hal ini berhasil mengurangi 1.308 jam kerja manual.

Proses audit sertifikasi ini dilakukan dalam beberapa tahapan dimulai pengenalan operasional produksi maupun paper-based mapping, kunjungan langsung implementasi penerapan produksi tanpa kertas, hingga memberikan masukan dari auditor.

Joko mengatakan audit juga dijalankan Danone secara global dengan tujuan melihat progress transformasi digital dari setiap negara tempat Danone beroperasi. "Secara keseluruhan, Danone SN Indonesia berhasil menduduki peringkat ketiga setelah Irlandia dan Polandia atas keberhasilannya menerapkan proses operasional produksi tanpa kertas yang menandakan proses transformasi digital yang berjalan baik," kata Joko.

Danone Specialized Nutrition Indonesia yang terdiri PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia), PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) dan PT Nutricia Advanced Medical Nutrition berkomitmen memastikan tingkat kehidupan lebih baik untuk generasi sekarang dan mendatang melalui pemenuhan nutrisi pada tahap awal kehidupan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Ekonom Indef, Nailul Huda mengatakan meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia adalah blessing in disguise kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Pemerintah Diharapkan Lebih Optimal Jaga Stabilitas Harga Pangan

Pemerintah perlu lebih bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan nasional agar daya beli masyarakat terus stabil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

ABM Group Sabet Tujuh Penghargaan dari Kementerian ESDM

ABM Group berhasil meraih tujuh penghargaan berskala nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Core Indonesia: Inflasi Tinggi Bisa Gerus Daya Beli

Tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 yang sebesar 4,84% sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah di kisaran 3% plus minus 1%.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Angkat Isu Digital, Resources, Services

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang diselenggarakan 11-12 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) akan mengangkat tiga pilar utama.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

E-Commerce dan Online Travel Jadi Kekuatan Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia diproyeksi tumbuh 20% dari tahun 2021 menjadi US$ 146 miliar pada 2025.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 Latih Kemampuan Robotic dan Teknologi

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 memberikan pelatihan kepada 78 peserta dari seluruh Indonesia dan negara seperti Malaysia dan Afrika Selatan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Ketidakpastian Tinggi, Enggartiasto Ajak Masyarakat Optimistis

Executive Chairman Beritasatu Media Holdings Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat harus tetap optimistis.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

IWIP Asah Keahlian dan Kemampuan Tenaga Kerja Maluku Utara

Program pelatihan yang digelar PT IWIP menjadi upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Indonesia Diyakini Tak Sampai Alami Resesi di 2023

Indonesia diyakini tidak akan sampai mengalami resesi ekonomi pada 2023 di tengah kondisi perekonomian global yang masih bergejolak.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings