Logo BeritaSatu

Paruh Tahun 2022, Laba Bank Sampoerna Melonjak 44%

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:32 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) hingga semester I 2022 membukukan laba bersih sebesar Rp 26,6 miliar atau naik 44% dari semester pertama tahun 2021 sebesar Rp 18,5 miliar.

"Peningkatan laba tak lepas dari peningkatan pendapatan bunga bersih lewat penyaluran pinjaman termasuk penurunan beban bunga," kata Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra dalam keterangan tertulisnya Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan ppinjaman yang disalurkan (disbursement) Bank Sampoerna sepanjang paruh pertama tahun 2022 mencapai hampir Rp 4 triliun, atau meningkat 30% dibandingkan paruh pertama tahun 2021. Namun dengan pinjaman yang relatif rendah di 2021 peningkatan outstanding loan (pinjaman yang tercatat di neraca) per akhir Juni 2022 hanya sebesar 3,1% menjadi Rp 8,7 triliun dibandingkan outstanding loan per akhir Juni 2021. "Dari jumlah tersebut, sekitar 40% pinjaman diberikan secara langsung ke UMKM,” kata dia.

Transformasi digital Bank Sampoerna juga berdampak pada pembiayaan pada perusahaan P2P (peer-to-peer). Hingga saat ini, beberapa perusahaan fintech P2P lending yang bekerja sama dengan Bank Sampoerna, di antaranya Mekar, Julo, Indodana, Kredivo, dan Akulaku. Sementara perusahaan fintech payment gateway (gerbang pembayaran), yang telah bekerja sama adalah Xendit, Instamoney, Safecash, dan Dhasatra.

“Per akhir Juni 2022, pembiayaan yang diberikan Bank Sampoerna pada perusahaan P2P telah naik lebih dari dua kali lipat hingga ratusan miliar rupiah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Demikian pula nilai transaksi virtual accounts yang difasilitasi Bank Sampoerna di semester pertama tahun 2022 ini mencapai triliunan rupiah setiap bulannya, meningkat 80% dibandingkan rata-rata nilai transaksi bulanan periode yang sama tahun lalu,” ujar Henky.

Pada kuartal dua tahun 2022 ini, proses pembukaan tabungan Sampoerna Mobile Saving secara daring (online) telah lebih sederhana dengan pemanfaatan fitur pengenalan wajar (face recognition) dan deteksi keaslian pengguna (liveness detection).

Kondisi ekonomi yang semakin membaik memungkinkan Bank Sampoerna untuk melepaskan dana mahal, sehingga rasio dana murah (CASA ratio) meningkat menjadi 26% dari 18% pada 1 tahun sebelumnya. Rasio pinjaman terhadap DPK (Loans to Deposits Ratio) 87%, dibandingkan dengan 76% pada satu tahun sebelumnya.

Rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) pada akhir Juni 2022 dijaga sebesar 2,6%, atau lebih baik dari dibandingkan rata-rata industri perbankan 3,0% pada akhir Maret 2022.

Bank Sampoerna membukukan beban penyisihan penurunan nilai sebesar Rp 186 miliar atau meningkat 71% dibandingkan beban yang dibukukan pada periode yang sama tahun 2021. Dengan demikian, Bank Sampoerna memiliki fundamental kualitas kredit yang lebih baik dengan rasio penyisihan piutang tak tertagih terhadap total piutang tak tertagih (rasio CKPN terhadap NPL) mencapai 140%.

Direktur Utama Bank Sampoerna, Ali Rukmijah, menyampaikan bahwa dengan situasi ekonomi yang terus membaik, pihaknya akan memacu dukungan terhadap UMKM melalui pemberian fasilitas transaksi pembayaran dan pembiayaan usaha. Untuk lebih memaksimalkan dukungan terhadap UMKM, Bank Sampoerna berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan fintech.

“Masih banyak UMKM yang tidak dapat masuk ke sistem keuangan formal karena terkendala persyaratan yang ketat dan tantangan geografis yang tidak mudah. Karena itu kami berupaya hingga UMKM juga akan dapat memperoleh manfaat dari penerimaan berbagai metode pembayaran selain pembayaran tunai, termasuk pembayaran dengan menggunakan QRIS," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022

Dana Otsus Papua Meningkat Tiap Tahun, Bagaimana Hasilnya?

Aliran dana otsus Papua dan dana tambahan infrastruktur (DTI) dari 2002 hingga 2021 untuk Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp 138,65 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022

Gelar RUPS, Ini Susunan Anggota Direksi Maybank Indonesia

Maybank Indonesia menyetujui perubahan susunan direksi setelah menggelar RUPS pada hari ini, Rabu (28/9/2022).

EKONOMI | 28 September 2022

IK CEPA Kurangi Ketergantungan Ekspor RI ke Tiongkok dan AS

IK CEPA diharapkan mampu mendongkrak nilai perdagangan dan investasi Indonesia dan Korea Selatan di tengah ancaman resesi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Barang Sitaan Kasus Asabri dan Jiwasraya Disepakati Jadi PMN

Pemerintah dan DPR sepakat barang sitaan atau rampasan kasus PT Asabri (Persero) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi penyertaan modal negara (PMN).

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

NEWS | 46 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings