Logo BeritaSatu

Lima Faktor Ini Penunjang Harga Jual Apartemen Merangkak

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:37 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat perkotaan saat ini. Lokasi strategis, kemudahan aksesibilitas, serta tersedianya fasilitas menyebabkan tinggal di apartemen menjadi pilihan favorit, khususnya bagi profesional muda.

Fenomena ini mendatangkan peluang yang menjanjikan bagi investor properti. Mereka dengan cermat menangkap peluang tersebut dengan berinvestasi apartemen untuk disewakan atau dijual kembali agar bisa mendapatkan keuntungan.

Ada dua jenis keuntungan dari investasi apartemen. Pertama, keuntungan kenaikan harga jual atau capital gain dan kedua potensi pendapatan rutin dari sewa.

Pimpinan proyek SQ Rés milik pengembang PT Intiland Development Tbk (DILD) Kundarso mengatakan saat ini dinilai momentum terbaik untuk membeli apartemen. Sejumlah analis dan pelaku industri properti memproyeksikan tren peningkatan harga apartemen segera terjadi, seiring mulai pulihnya kondisi perekonomian yang sempat melemah akibat pandemi.

"Saat ini menjadi waktu terbaik memulai investasi karena harga apartemen masih relatif rendah," kata dia dalam keterangan tertulisnya Rabu (3/8/2022).

Berikut ini lima faktor penting yang dapat menunjang kenaikan harga jual apartemen.

1. Lokasi strategis
Lokasi menjadi faktor terpenting yang mendorong peningkatan nilai jual apartemen. Pilih apartemen yang lokasi strategis, seperti berada di kawasan pusat bisnis, dekat sarana transportasi umum, gerbang tol, area perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga pusat pendidikan. Semakin strategis lokasi apartemen, semakin besar unit tersebut dapat disewakan atau dijual kembali.

2. Fasilitas lengkap
Fasilitas baik dan lengkap akan membuat nilai aset properti semakin tinggi. Contohnya tersedianya kolam renang, concierge, laundry, minimarket, gym & fitness centre, dan sistem keamanan 24 jam. Tersediannya beragam fasilitas tersebut akan menambah nilai properti karena mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Fasilitas pendukung di luar apartemen juga tak kalah penting, seperti tempat hiburan, rumah sakit, perkantoran, sarana pendidikan, pusat belanja, dan sarana olahraga. Semakin lengkap fasilitas yang ada di sekitar apartemen akan membuat aset apartemen Anda dilirik oleh calon pembeli atau penyewa.

3. Berada di kawasan sunrise property
Sunrise property merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kawasan yang sedang berkembang. Jika ingin investasi apartemen, sebaiknya pilihlah produk apartemen yang berada di kawasan ini, karena memiliki tingkat pertumbuhan harga tinggi. Apartemen yang berlokasi di kawasan sunrise property harganya cenderung masih terjangkau dan memiliki potensi peningkatan harga secara jangka panjang.

4. Memiliki konsep unik
Konsep apartemen unik turut membuat nilai jual meningkat karena berbeda dari produk lainnya, sehingga dapat mendatangkan calon pembeli dan penyewa. Konsep unik yang dimaksud harus mengacu dan memenuhi aspek keindahan, fungsional, dan kenyamanan.

5. Pengembang terpercaya
Membeli apartemen dari pegembang besar yang memiliki pengelaman dan track record baik meningkatkan nilai jual apartemen. Pengembang besar sudah memikirkan banyak hal mulai konsep, kualitas bangunan, potensi pengembangan lokasi, hingga aspek penyediaan fasilitas serta kemudahan aksesibilitas menuju apartemen.

Kundarso mengatakan apartemen SQ Rés dikembangkan di dalam kawasan perkantoran terpadu South Quarter yang lokasi strategis di Cilandak Barat, TB Simatupang, Jakarta Selatan. SQ Rés dikembangkan menjadi bagian konsep Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus. "Konsep pengembangannya memiliki banyak nilai tambah, baik kualitas, kenyamanan tinggal, hingga potensi kenaikan harga yang menguntungkan," kata Kundarso.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Penutupan Akhir Pekan, IHSG Terjungkal ke 6.715

IHSG ditutup melemah 89,1 poin (1,31%) ke level 6.715,12. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.695,4–6.804,2.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Hasil Merger, Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison Capai 100 Juta

Pascamerger, pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) saat ini mencapai 100 juta pengguna aktif.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sembilan CEO Raih Gelar Tokoh Finansial Indonesia 2022 Versi Investor Daily

Majalah Investor kembali menganugerahkan penghargaan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) untuk para Chief Executive Officer Terbaik dari berbagai bidang usaha.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan Catat Peserta Aktif Capai 36 Juta Tenaga Kerja

Jumlah kepesertaan aktif BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 36 juta tenaga kerja tahun ini meningkat 6 juta dari tahun sebelumnya.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Kurs Rupiah Terapresiasi ke Kisaran Rp 15.500

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Jumat(9/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.500.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BI Perkirakan Suku Bunga Acuan The Fed Naik 50 Bps di Desember

Bank Indonesia memperkirakan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) atau fed fund rate dikerek naik sebesar 50 basis poin (bps) di Desember 2022.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Konsumsi Pertalite Capai Rekor Tertinggi

Realisasi penyaluran Pertalite hingga Oktober 2022 sudah mencapai 26,90 juta kiloliter atau 89,94% dari kuota yang sudah ditetapkan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

GOTO Jajaki Peluang Listing di Bursa Global Tahun Depan

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus melakukan penjajakan dengan sejumlah investor potensial baru, termasuk menjajaki peluang listing di bursa global.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sektor Energi Anjlok 2%, IHSG Tumbang 1,4%

IHSG ditutup anjlok 94,17 poin (1,38%) ke level 6.710,05. IHSG hari ini bergerak memerah dengan rentang 6.704 – 6.804.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap Hakim Agung, KPK Buka Peluang Seret Tersangka Baru

Kasus Suap Hakim Agung, KPK Buka Peluang Seret Tersangka Baru

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE