Logo BeritaSatu

Bahlil Siapkan Peta Peluang Investasi di 13 Provinsi

Jumat, 5 Agustus 2022 | 05:16 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kembali melakukan penyusunan Peta Peluang Investasi (PPI) proyek prioritas strategis yang siap ditawarkan pada tahun 2022. Penyusunan PPI fokus pada 22 proyek investasi berkelanjutan yang tersebar di 13 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Maluku.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengingatkan pentingnya pemerintah di pusat maupun daerah untuk memberikan jalan jelas bagi investor untuk masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, penyusunan PPI ini akan dikawal sampai pada dokumen prastudi kelayakan (pra-feasibility study). PPI ini nantinya menjadi profil peluang investasi di daerah, sehingga dapat memberikan gambaran komprehensif dan mendetail kepada calon investor.

“Hari ini kita buat Peta Potensi Investasi (PPI) sebagai instrumen kehadiran pemerintah dalam memfasilitasi masuknya investasi ke Indonesia. Dengan membuat proyek ini, kita lebih fokus, kita lihat ada market-nya, investasi itu yang kita tawarkan,” ucap Bahlil dalam siaran pers pada Kamis (4/8/2022).

Dia menekankan bahwa ke depannya pemerintah akan fokus pada pembangunan industri berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) ramah lingkungan, agar produk yang dihasilkan memiliki nilai kompetitif dalam dunia usaha global.

Kementerian Investasi/BKPM siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mempromosikan proyek investasi prioritas yang dapat ditawarkan kepada calon investor.

Adapun 22 profil proyek investasi yang disusun dalam PPI tahun 2022 ini terdiri dari 11 proyek berbasis sumber daya alam (SDA) serta 11 proyek berbasis industri manufaktur. Klaster yang termasuk dalam proyek SDA yaitu perkebunan, hortikultura, tanaman pangan, peternakan, perikanan dan energi. Sedangkan proyek berbasis industri manufaktur, yaitu terdiri klaster industri kimia, industri aneka, industri logam, industri mesin, industri alat transportasi, dan industri elektronika. Proyek investasi ini nanti diharapkan akan memberikan kontribusi langsung terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk pengentasan kemiskinan, penciptaan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, serta berkurangnya kesenjangan.

Kegiatan penyusunan PPI ini sudah dimulai oleh Kementerian Investasi/BKPM sejak tahun 2020 dan pada bulan Maret 2022 lalu, telah diluncurkan sebanyak 47 proyek investasi berkelanjutan senilai Rp 155,12 triliun. Terdapat empat sektor proyek investasi berkelanjutan yang telah ditawarkan, yaitu sektor pariwisata, kawasan ekonomi, industri, dan infrastruktur yang tersebar di 33 provinsi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Emas Naik karena Penurunan Imbal Hasil dan Dolar

Harga emas di pasar spot menguat 1,57% menjadi US$ 1.725,87 per ons, tertinggi sejak 13 September.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Musk Hidupkan Kembali Akuisisi Twitter, Sahamnya Naik 22%

Elon Musk kembali kembali mengusulkan untuk membeli perusahaan media sosial Twitter seharga US$ 54,20 per saham,

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Telkom Perkuat Data Center lewat NeutraDC dan NeucentrIX

Telkom memperkuat ekosistem data center dengan layanan yang mumpuni bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

BPK Sebut Dana Pensiun OJK Langgar Aturan OJK, Kok Bisa?

Dana Pensiun OJK dinilai melanggar ketentuan mengenai kompensasi iuran pemberi kerja, dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Minyak Naik Jelang Pertemuan OPEC+ Bahas Pasokan

Harga minyak naik tipis karena ekspektasi bahwa OPEC+ akan menyetujui pengurangan besar produksi minyak dalam pertemuan Rabu.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

2.000 UMKM Mendapat Pelatihan Menuju Ekosistem Digital G-20

Program UMKM Sanubari (UMKM Siap Bangkit Untuk Negeri) SiCepat Ekspres yang telah berjalan sejak Juli 2022 berhasil merangkul 2.235 UMKM.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Wall Street Positif, Dow Jones Naik 1.500 Poin dalam 2 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 825,43 poin, atau 2,8%, menjadi 30.316,32 dan S&P 500 menguat hampir 3,1% menjadi 3.790,93.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bursa Eropa Terbang 3% karena Imbal Hasil Obligasi Turun

Stoxx 600 di bursa Eropa naik 3%, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 6,1% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Indonesia Ekspor Singkong Beku ke Curacao, Jumlahnya?

Indonesia melalui CV Nusantara Jaya Food berhasil ekspor singkong beku sebesar 27 ton ke Curacao.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings