Logo BeritaSatu

Apindo: Jangan Cepat Puas dengan Pertumbuhan Ekonomi 5,4%

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Kalangan pengusaha menilai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44% cukup memuaskan dan masih sesuai ekspektasi. Angka tersebut menunjukkan terjadinya penguatan pertumbuhan selama kuartal II-2022, meskipun sepanjang kuartal II perekonomian domestik dirundung banyak tekanan eksternal dan terdapat kekhawatiran tentang inflasi.

“Namun, untuk ke depannya, kami rasa (pemerintah) tetap perlu bekerja keras, khususnya karena di kuartal III kita tidak punya driver penyokong pertumbuhan konsumsi seperti Lebaran dan euforia normalisasi kegiatan ekonomi karena transisi endemi secara total di kuartal II,” kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani kepada Investor Daily, Jumat (5/8/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 mencapai 5,44 % dibandingkan posisi kuartal II-2021 (year on year/yoy). Jika dibandingkan dengan kuartal I-2022 (quartal to quartal/qoq), pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 tumbuh 3,72%.

Menurut Shinta, pada kuartal III-2022 terdapat proyeksi peningkatan tekanan ekonomi global terhadap ekonomi nasional dalam bentuk laju kenaikan inflasi yang masih belum melandai dan potensi pelemahan nilai tukar rupiah, seiring potensi resesi di negara rekan dagang utama seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, dan Tiongkok. “Krisis supply pangan dan energi juga membebani daya beli dan stabilitas makroekonomi nasional yang kelihatannya masih akan terus berlangsung hingga akhir tahun,” tutur Shinta.

Ke depannya, pemerintah diharapkan tetap fokus memberikan stimulasi ekonomi di pasar domestik, baik dari sisi supply maupun demand. Dari sisi supply, harus ada stabilisasi terhadap pelemahan nilai tukar, harus ada dukungan yang lebih baik dan maksimal dari pemerintah untuk meningkatkan kinerja produksi pangan dan energi dalam negeri sehingga bisa diversifikasi dan mengurangi beban impor.

“Peningkatan kinerja ekspor akan menciptakan ruang fiskal yang lebih baik terhadap tekanan global,” tandas Shinta.

Realisasi investasi juga harus terus ditingkatkan agar memastikan pertumbuhan ekonomi nasional tetap maksimal, meski terdapat tekanan ekonomi global dan terjadi inflasi di atas rata-rata. Dengan investasi, bukan hanya ruang fiskal yang terjaga, tetapi juga mendongkrak daya beli masyarakat melalui penciptaan lapangan pekerjaan tanpa perlu subsidi dalam skala besar.

Dari sisi demand, pemerintah perlu melakukan intervensi untuk mengendalikan inflasi dan harga jual pasar. Tidak berarti bahwa pemerintah harus mematok semua harga jual pasar sebab langkah ini akan kontraproduktif terhadap pertumbuhan pasar yang sehat, tetapi pemerintah perlu melakukan intervensi dari sisi kecukupan supply dan subsidi harga jual untuk masyarakat kelas menengah bawah.

“Memastikan kelancaran distribusi untuk mencegah kelangkaan atau penimbunan di pasar oleh oknum dan menciptakan sentimen pasar yang positif terhadap konsumsi sambil mencegah potensi panic buying,” ujar Shinta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Miris Petani Buang Hasil Panen Raya, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

DPR menyesalkan peristiwa dibuangnya hasil panen raya oleh petani di daerah Gayo, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

EKONOMI | 29 September 2022

Ombudsman Tekankan Pentingnya Regulasi Pembatasan Distribusi BBM

Ombudsman menekankan pentingnya regulasi mengenati pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 28 September 2022

Tarik Investasi, Pemerintah Didorong Manfaatkan Momentum Perfect Storm

Pemerintah didorong memanfaatkan momentum perfect storm untuk menarik investasi. Yose Rizal Damuri menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022

Dana Otsus Papua Meningkat Tiap Tahun, Bagaimana Hasilnya?

Aliran dana otsus Papua dan dana tambahan infrastruktur (DTI) dari 2002 hingga 2021 untuk Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp 138,65 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings