Logo BeritaSatu

Ditopang Teknologi, Bisnis Direct Selling Ditargetkan Tumbuh 20%

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:58 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Direct selling (penjualan langsung) atau lebih dikenal di masyarakat dengan istilah MLM (multi-level marketing) harus mengadopsi teknologi dalam memasarkan produknya termasuk menjual secara online tanpa tatap muka. Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) menargetkan mitra usaha bisnis penjualan langsung akan tumbuh 20% dengan mengadaptasi teknologi.

“Tidak ada yang bisa membendung perkembangan teknologi, yang bisa kita lakukan adalah secepat mungkin memanfaatkan teknologi, siapa yang cepat beradaptasi dengan teknologi, dia yang akan menjadi pemenang, dan itu berlaku di bisnis direct selling," kata Ketua Umum AP2LI Andrew Susanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Sabtu (6/8/2022).

Advertisement

Dia mengatakan AP2LI menyadari bahwa bisnis penjualan langsung peka terhadap teknologi. "Pesatnya perkembangan teknologi harus diiringi cepatnya komunikasi pemasaran para anggota bisnis penjualan langsung," kata dia.

Andrew mengatakan keahlian dalam membangun jaringan, kualitas produk dan dukungan teknologi, membuat bisnis penjualan langsung bisa mengalahkan pandemi. "Terbukti kami masih berdiri tegak dalam 2 tahun terakhir pada masa pandemi, mitra usaha bisnis penjualan langsung mampu meningkat 15%, dan saya perkirakan akan meningkat di tahun 2022 sebesar 20%,” kata Andrew Susanto.

AP2LI sebagai asosiasi tempat berhimpunnya perusahaan di bidang industri penjualan langsung (direct selling) dan penjualan berjenjang (multi-level marketing) di Indonesia menjadi sarana perjuangan dunia usaha penjualan langsung untuk merealisasikan hubungan industrial yang sehat, kondusif, positif dan harmonis.

AP2LI juga sebagai sarana menyalurkan aspirasi, gagasan, pandangan dan harapan masyarakat industri penjualan langsung kepada pemerintah selaku regulator, agar industri penjualan langsung senantiasa dapat memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia mengatakan AP2LI ingin selalu aktif melakukan edukasi ke masyarakat bahwa penjualan langsung atau MLM bukan money game, bukan perusahan investasi, tetapi bisnis jaringan yang mengutamakan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kerja keras membangun jaringan dan memasarkan produk. Kerja cerdas bagaimana melakukan presentasi dengan memanfaatkan teknologi agar masyarakat tertarik untuk membeli produk. Kerja ikhlas menerima hasil.

Hal senada diutarakan General Manager QNET Indonesia Ganang Rindarko salah satu anggota AP2LI yang mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi dan liberalisasi berpengaruh pada perkembangan industri penjualan langsung di Indonesia.

“QNET telah membangun bisnis penjualan langsung selama lebih dari 23 tahun. Kami sudah mengerti bagaimana iklim penjualan langsung di Indonesia. Kami mendukung langkah AP2LI untuk mengembangkan bisnis penjualan langsung dengan mengedapankan teknologi sebagai media untuk meningkatkan penjualan serta mendukung upaya AP2LI memajukan industri penjualan langsung di Indonesia ,” kata Ganang Rindarko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bundamedik dan FKUI Berkolaborasi Bangun SDM Kesehatan

Bundamedik Healthcare System (BMHS) menjalin kerja sama strategis dengan FKUI dalam inisiatif pengembangan SDM kesehatan yang kompeten.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Restoran McDonald's Akan Buka Gerai Lagi di Ukraina

McDonald's akan mulai membuka kembali beberapa gerai di Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Indonesia Diharapkan Mampu Berperan Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia bukan hanya menjadi pangsa pasar kendaraan listrik yang besar.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

PTPP Luncurkan Inovasi Pengolahan Sampah di Pulau Dewata

PTPP turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah di Pulau Dewata, dengan memberikan solusi berupa teknologi untuk melakukan pengolahan semua jenis sampah.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Anggota DEN Bicara soal Perlunya Sharing the Pain BBM, Simak

Sharing the pain BBM harus dilakukan dari dua sisi, yakni sisi penawaran (supply side) dan sisi permintaan (demand side).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Pemerintah Minta Pertamina Batasi Penjualan BBM Bersubsidi

Pemerintah Indonesia telah meminta PT Pertamina (Persero) membatasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite dan Solar subsidi.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Program Mangga Petrokimia Gresik Pulihkan Ekonomi Rakyat

Program Mangga atau akronim dari Mitra Kebanggaan Petrokimia Gresik memulihkan ekonomi rakyat sejak Agustus 2021.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Tarif Ojek Online Naik, Sektor UMKM Akan Ikut Terdampak

Kenaikan tarif ojek online (ojol) diperkirakan akan ikut berdampak pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Perkuat Ekosistem Pembayaran Nontunai, BNI Gandeng Indomaret

BNI dan Indomaret menghadirkan pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS BNI Mobile Banking.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Ini Skenario Pemerintah jika Harga BBM Naik, Apa Saja?

Jika harga BBM tidak bisa tertahan, pemeritah akan memberikan suatu bantalan sosial tambahan berupa perlindungan sosial.

EKONOMI | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jika Tak Profesional, Ada Konsekuensi untuk 30 Jaksa Kasus Ferdy Sambo

Jika Tak Profesional, Ada Konsekuensi untuk 30 Jaksa Kasus Ferdy Sambo

NEWS | 53 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings