Logo BeritaSatu

Ditopang Teknologi, Bisnis Direct Selling Ditargetkan Tumbuh 20%

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:58 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Direct selling (penjualan langsung) atau lebih dikenal di masyarakat dengan istilah MLM (multi-level marketing) harus mengadopsi teknologi dalam memasarkan produknya termasuk menjual secara online tanpa tatap muka. Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) menargetkan mitra usaha bisnis penjualan langsung akan tumbuh 20% dengan mengadaptasi teknologi.

“Tidak ada yang bisa membendung perkembangan teknologi, yang bisa kita lakukan adalah secepat mungkin memanfaatkan teknologi, siapa yang cepat beradaptasi dengan teknologi, dia yang akan menjadi pemenang, dan itu berlaku di bisnis direct selling," kata Ketua Umum AP2LI Andrew Susanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Sabtu (6/8/2022).

Advertisement

Dia mengatakan AP2LI menyadari bahwa bisnis penjualan langsung peka terhadap teknologi. "Pesatnya perkembangan teknologi harus diiringi cepatnya komunikasi pemasaran para anggota bisnis penjualan langsung," kata dia.

Andrew mengatakan keahlian dalam membangun jaringan, kualitas produk dan dukungan teknologi, membuat bisnis penjualan langsung bisa mengalahkan pandemi. "Terbukti kami masih berdiri tegak dalam 2 tahun terakhir pada masa pandemi, mitra usaha bisnis penjualan langsung mampu meningkat 15%, dan saya perkirakan akan meningkat di tahun 2022 sebesar 20%,” kata Andrew Susanto.

AP2LI sebagai asosiasi tempat berhimpunnya perusahaan di bidang industri penjualan langsung (direct selling) dan penjualan berjenjang (multi-level marketing) di Indonesia menjadi sarana perjuangan dunia usaha penjualan langsung untuk merealisasikan hubungan industrial yang sehat, kondusif, positif dan harmonis.

AP2LI juga sebagai sarana menyalurkan aspirasi, gagasan, pandangan dan harapan masyarakat industri penjualan langsung kepada pemerintah selaku regulator, agar industri penjualan langsung senantiasa dapat memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia mengatakan AP2LI ingin selalu aktif melakukan edukasi ke masyarakat bahwa penjualan langsung atau MLM bukan money game, bukan perusahan investasi, tetapi bisnis jaringan yang mengutamakan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Kerja keras membangun jaringan dan memasarkan produk. Kerja cerdas bagaimana melakukan presentasi dengan memanfaatkan teknologi agar masyarakat tertarik untuk membeli produk. Kerja ikhlas menerima hasil.

Hal senada diutarakan General Manager QNET Indonesia Ganang Rindarko salah satu anggota AP2LI yang mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi dan liberalisasi berpengaruh pada perkembangan industri penjualan langsung di Indonesia.

“QNET telah membangun bisnis penjualan langsung selama lebih dari 23 tahun. Kami sudah mengerti bagaimana iklim penjualan langsung di Indonesia. Kami mendukung langkah AP2LI untuk mengembangkan bisnis penjualan langsung dengan mengedapankan teknologi sebagai media untuk meningkatkan penjualan serta mendukung upaya AP2LI memajukan industri penjualan langsung di Indonesia ,” kata Ganang Rindarko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BI Gelar Festival Rupiah, Warga Bisa Tukar Uang Emisi 2022

Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 yang mengangkat tema "Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI".

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Banten Hapus Denda Pajak Kendaraan Hingga Akhir Tahun

Bank Banten bersama Pemprov Banten gelar peluncuran penghapusan denda pajak kendaraan bermotor.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

ASDP Resmi Kelola Pelabuhan Penyeberangan Ajibata-Ambarita

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi mengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita, di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Pasar Kripto Merana, Harapan Bull Run Tak Kunjung Datang

Menjelang akhir pekan ketiga Agustus 2022, pasar kripto terus tertunduk lesu. Pergerakan harga aset kripto secara keseluruhan kompak nyaman di zona merah.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Transaksi Aset Kripto Tembus Rp 33,2 Triliun Per Bulan

Jumlah transaksi aset kripto per 22 Juli 2022 telah mencapai Rp 232,45 triliun atau rata-rata Rp 33,2 triliun per bulan.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Franchise and License Expo Bidik Produk Lokal Go Internasional

Panorama Media menyelenggarakan dua pameran yakni Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) dan Retail and Solution Expo Indonesia (RSEI).

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Tambah Armada, Adi Sarana Raih Pembiayaan Rp 300 Miliar

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) melakukan penandatanganan perjanjian pembiayaan sebesar Rp 300 miliar dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Perluas Akses Pekerja Migran, Pegadaian Buka Gerai Kopi

PT Pegadaian membuka gerai kopi The Gade Coffee yang ke-37 di kantor Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI), Pancoran Jakarta Selatan

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Sesi Siang, IHSG Naik 12 Poin (0,16%) ke Posisi 7.198

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang Jumat (19/8/2022) naik 12,0 poin (0,16%) ke level 7.198.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Tingkatkan Kualitas, Link Net Raih Penghargaan ICXC dan ISTC

Link Net dianugerahi predikat Best Customer Experience Team dan Best Sales Team dari majalah SWA dan Business Digest.

EKONOMI | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Tetapkan Eks Kepala BPKAD Jatim sebagai Tersangka Suap

KPK Tetapkan Eks Kepala BPKAD Jatim sebagai Tersangka Suap

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings