Logo BeritaSatu

Khofifah Beberkan Ekonomi Jatim Lebih Impresif dari Nasional

Senin, 8 Agustus 2022 | 05:12 WIB
Oleh : Fredericus Hardiyanto / WBP

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jawa Timur untuk mempertahankan kestabilan dan iklim ekonomi di Jawa Timur. Ajakan tersebut disampaikan Khofifah di hadapan pimpinan dan anggota Apindo, saat menghadiri Apindo Bussines & Member Gathering dan Rapat Kerja Provinsi (DPP) yang digelar di Hotel Novotel Samator Surabaya Sabtu (6/8/2022).

Khofifah mengatakan mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal II 2022 ekonomi Jawa Timur tumbuh 5,74% (year on year/yony) dengan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 677,5 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dari nasional yaitu, 5,44%.

Pada periode yang sama, Jawa Timur memberikan kontribusi 25,3% bagi perekonomian di Pulau Jawa, yang menjadikannya sebagai provinsi penyumbang ekonomi tertinggi kedua setelah DKI Jakarta.

"Jika pertumbuhan ekonomi nasional tercatat impresif, maka Jawa Timur lebih impresif. Pertumbuhan investasi dan ekonomi ini sesungguhnya hasil sinergitas dari semua pihak. Itulah yang menjadi alasan utama kepercayaan investor untuk menanamkam modalnya," ungkap Khofifah.

Atas capaian tersebut, Khofifah menyebut bahwa sinergitas adalah kunci kesuksesan kestabilan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. "Sinergi ini, bisa dijadikan referensi bagi kita semua untuk tetap bertumbuh dengan lebih produktif lagi," pesan Khofifah.

Peran Apindo, disebutnya sangat penting mengingat jumlah indutsri di Jatim mencapai 829.984 dengan 3.250.823 orang tenaga kerja. "Sebanyak 3,2 juta tenaga kerja ini tentunya angka yang signifikan. Di sinilah kita lihat bagaimana peran dunia usaha dan industri dalam memberikan support di berbagai hal," tuturnya.

Khofifah kembali mengingatkan empat hal yang menjadi fokus Jatim Bangkit yakni bangkit dalam pemulihan ekonomi, pembangunan manusia, penyediaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan

"Jadi ada empat hal itu yang diharapkan akan mengalami percepatan pemulihan dan kebangkitan. Terima kasih atas sinergitas luar biasa. Ini akan menjadi hadiah indah bagi negeri tercinta di momentum Hari Kemerdekaan," pungkasnya.

Di sisi lain, Ketua Dewan Pertimbangan DPP Apindo Jatim Alim Markus menyatakan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemprov Jatim kepada Apindo. Khofifah dinilai terus bekerja keras dalam membangun ekosistem yang kondusif bagi pengusaha. "Saya yakin di bawah kepemimpinan Ibu Khofifah, Jawa Timur pasti semakin bangkit," tegasnya.

Sementara, Ketua DPP Apindo Jatim Eddy Widjanarko juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras Khofifah dalam mendukung sektor industri di Jatim, utamanya melalui gelaran misi dagang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gaet MongoDB, Amar Bank Akselerasi Pengelolaan Data

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bekerja sama dengan MongoDB untuk mengelola data non-relasional dalam jumlah besar.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perangi Kejahatan Kripto, Binance Gelar Pelatihan Penegakan Hukum

Inisiatif ini membantu memerangi kejahatan kripto dan merupakan bagian dari upaya konsisten Binance untuk membantu penegak hukum dan regulator.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Terapkan Tambang Berkelanjutan, Kinerja SIG Menuai Hasil

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih tiga penghargaan dari Kementerian ESDM pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Harga Pertamax Turun Mengikuti Harga Minyak Mentah Dunia

Minyak mentah Brent dan WTI menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan 23% dan 25%. Hal ini diikuti dengan turunnya harga pertamax.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gara-gara Inflasi, Investor Cari Aman di Investasi Emas

Harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan Jumat, setelah angka inflasi AS Agustus secara mengejutkan lebih tinggi dari perkiraan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Di Bawah Tekanan Jual, IHSG Melemah 1,9% dalam Sepekan

IHSG terkoreksi sebesar 1,92% sepanjang pekan ini (26-30/9/2022) menjadi 7.040,798 dari posisi 7.178,583.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

Wall Street jatuh dalam perdagangan bergejolak pada hari Jumat (30/9/2022). Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah baru 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Bahan Baku Jadi Tantangan Target Ekspor Mebel US$ 5 Miliar

Target ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia sebesar US$ 5 miliar pada 2024 membutuhkan pasokan bahan baku.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings