Logo BeritaSatu

Tekan Emisi Karbon, Chandra Asri Datangkan Bus Listrik MAB

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:34 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), perusahaan petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia membeli dua bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Langlah ini komitmen perusahaan mengurangi emisi karbon serta mendukung industri kendaraan listrik (electronic vehicle/EV)) nasional.

“Chandra Asri bangga dapat bekerja sama dengan PT Mobil Anak Bangsa dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi emisi karbon 29% pada 2030 sekaligus mempercepat penggunaan kendaraan listrik dalam negeri," kata Direktur Human Resources & Corporate Affairs PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Suryandi dalam keterangan tertulisnya Senin (8/8/2022).

Bus listrik tipe MD 12-E NF City yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan Chandar Asri ini memiliki daya tempuh 250 kilometer per sekali pengisian daya dan tidak memiliki emisi gas buang langsung sehingga lebih ramah lingkungan. Penggunaan dua bus listrik ini dapat memotong konsumsi solar hingga 13.776 liter per tahun dan mereduksi emisi 2.070 metrik kg karbon dioksida (CO2e).

Selain itu, kata dia, dengan mengoperasikan bus listrik, Chandra Asri memangkas 25,1 metrik kg karbon monoksida (CO) dan menghilangkan keluaran limbah B3 berupa oli bekas. "Pembelian dua bus listrik MAB ini sejalan dengan komitmen Chandra Asri terhadap penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dari aspek lingkungan untuk penghematan konsumsi energi dan pengurangan emisi karbon," kata Suryandi.

Dia mengatakan pengoperasian bus listrik ini juga investasi bagi Chandra Asri karena dapat memberikan efisiensi dari segi biaya operasional. Program ini juga merupakan bagian inisiatif keberlanjutan Chandra Asri. "Sebelumnya kami telah mengoperasikan 53 unit E-Forklift dan memanfaatkan panel surya sebagai pasokan alternatif listrik di warehouse," kata dia.

Direktur Utama PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Kelik Irwantono menyampaikan, pembelian bus listrik MAB ini merupakan bentuk dukungan Chandra Asri terhadap hasil karya bangsa sendiri sekaligus kontribursi terhadap pengurangan emisi karbon. "MAB berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan,” kata dia.

Bus Listrik MAB dilengkapi teknologi Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi, serta teknologi TAM Fleet yang memberikan peringatan jika kendaraan melaju melewati batas kecepatan.

Bus Listrik tipe MD 12-E NF City dari MAB memiliki kapasitas 51 tempat duduk dan direncanakan resmi beroperasi di Chandra Asri pada Januari 2023. Untuk mempersiapkan kehadiran armada Bus, MAB kini tengah mengkaji lokasi pabrik Chandra Asri di Cilegon untuk menentukan lokasi fasilitas pengisian daya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dow Jones Hilang 350 Poin, Investor Tunggu Data Pekerjaan

Dow Jones Industrial Average turun 346,93 poin, atau 1,15%, menjadi 29.926,94 dan S&P 500 kehilangan 1,02% menjadi 3.744,52.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Bursa Eropa Melemah karena Gagal Manfaatkan Momentum Positif

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,5% Kamis setelah sebelumnya sempat naik lebih 0,8%.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Selain Anies, Wagub DKI Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunjungi rumah duka korban runtuhnya tembok pembatas di sekitar Gedung MTsN 19 Jakarta Kamis malam.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenag Beri Santunan Korban Banjir di MTsN 19 Pondok Labu

Kemenag Beri Santunan Korban Banjir di MTsN 19 Pondok Labu

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings