Logo BeritaSatu

Ekonomi Kuartal II Positif, Gubernur Jatim dan Jateng Puji Kontribusi Pertanian

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:35 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Sektor pertanian memiliki andil besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2022 yang mencapai 5,44 persen.

Tak sedikit dari besaran itu, distribusi pertanian bahkan menduduki tiga besar yang mencapai 12,98 persen atau tumbuh sebesar 1,37 persen. Pertumbuhan ini kurang lebihnya telah berdampak pada peningkatan ekonomi di sejumlah daerah.

Di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur dengan meningkatnya produksi padi dari tahun ke tahun. Apalagi, Jatim termasuk provinsi yang sukses melewati masa pandemi karena sektor lainnya terperosok pada kontraksi yang cukup dalam.

Khofifah mengatakan semua capaian tersebut tak lepas dari upaya dan kerja keras Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam mewujudkan pertanian maju dan lebih kuat. Baginya, Mentan Syahrul Yasin Limpo adalah menteri yang sangat gigih dalam mendampingi petani untuk tetap berproduksi dalam kondisi pandemi.

"Bapak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) sangat sering ke Jawa Timur. Tidak hanya pangan yang menjadi perhatian, namun juga peternakan. Sehingga produksi pertanian dan peternakan kami sangat bagus," ujar Khofifah beberapa waktu lalu.

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku senang karena sektor pertanian kembali mampu membuktikan sebagai penyelamat ekonomi. Bahkan dia melihat, Indonesia memiliki titik cerah yang lebih baik apabila sektor pertaniannya dikerjakan secara serius.

"Infrastruktur masih tinggi menyuplai pertumbuhan. Pertanian juga tinggi, saya senang. Alhamdulillah nilai tukar petani kita bagus ya di petani, mudah-mudahan ini kabar baik," katanya.

Menurut Ganjar, sektor-sektor yang sudah menyuplai pertumbuhan ekonomi tinggi harus diberikan pendampingan untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah terpaan krisis global yang tidaklah ringan.

"Presiden kemarin bilang, tahun ini kita siap-siap. Ingat, tahun depan belum tentu baik," ungkap Ganjar.

Sebagai informasi, berdasarkan data BPS Jawa Tengah pada kuartal I 2022 pertumbuhan ekonomi tercatat mencapai 5,12 persen. Kuartal II 2022 dapat didongkrak menjadi 5,66 persen. Sementara pada periode yang sama, pertumbuhan ekonomi nasional mencatat 5,01 pada kuartal I dan 5,44 persen pada kuartal II.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa sektor pertanian selama tiga tahun terakhir merupakan bantalan ekonomi yang tumbuh positif di saat sektor lainya mengalami pelambatan. Menurutnya, hal itu terjadi karena pertanian adalah pilihan pasti dalam memperkuat ekonomi.

"Kita ingat bahwa semua negara mengalami turbulensi yang sama, di mana pandemi merebak ke seluruh dunia. Kita tahu perubahan cuaca atau climate change membuat cuaca berubah. Belum lagi kita menghadapi geopolitik perang Rusia dan Ukraina. Tapi yang pasti, pertanian hadir dan menjadi bantalan ekonomi," katanya.

Mentan mengatakan, Indonesia bahkan termasuk negara yang sangat kecil mengalami kemungkinannya resesi karena angkanya hanya 3 persen. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Sri Lanka yang berpeluang resesi sebesar 85 persen atau Selandia Baru 33 persen.

"Saya melihat inflasi di sejumlah negara terus mengalami kenaikan. Di Uni Eropa mencapai 9,6 persen, Amerika 9,1 persen, Inggris, 8,2 persen, Korea 6,1 persen. Tapi di Indonesia, alhamdulillah masih terjaga di angka 4,4 persen," jelasnya.

Perlu diketahui, produksi beras nasional pada tahun 2019 mencapai 31,31 juta ton, meningkat di tahun 2020 menjadi 31,36 juta ton dan di tahun 2021 sebesar 31,33 juta ton. Di sisi lain, ekspor pertanian dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan yang diikuti kenaikan NTP maupun NTUP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resesi Global Ga Ngaruh, Chandra Asri Fokus Pasar Domestik

Menghadapi tantangan ekonomi global pada 2023, Chandra Asri fokus memastikan keunggulan operasional (operational excellence/opex) berjalan lancar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Meski Global Suram, Investasi Pasar Modal Domestik 2023 Cerah

PT Bahana TCW Investment menyebut, masih ada secercah harapan bagi iklim investasi pasar modal di Tanah Air.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Sektor Teknologi Tumbang, IHSG Melemah 0,69%

IHSG ditutup melemah 48,51 poin (0,69%) ke level 7.032,8. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 7.029 – 7.090.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kenali Panduan Memilih Asuransi untuk Generasi Milenial dan Gen-Z

Mulai dari asuransi yang sederhana, masyarakat akan teredukasi untuk mulai berpikir dan mempersiapkan perlindungan yang lebih besar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kabar Baik! BPS Umumkan Inflasi November Melandai Jadi 5,4%

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi Novemver 2022 year-on-year (y-on-y) sebesar 5,42% atau lebih rendah pada Oktober yang tercatat 5,71%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Tiket Pesawat dan BBM Sumbang Inflasi November 2022 5,42%

Badan Pusat Statistik mencatat pada November 2022 terjadi inflasi tahunan atau year on year (y-o-y) sebesar 5,42%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Polemik Beras, Komisi IV DPR Minta Kementan dan Bulog Kompak

Jika Kementerian Pertanian mengatakan produksi beras tersedia dan ada di penggilingan, segera sambungkan dengan Bulog.

EKONOMI | 1 Desember 2022

OJK Siapkan Sanksi Wanaartha karena Tenggat RPK Berakhir

Tenggat bagi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) untuk melaporkan rencana penyehatan keuangan (RPK) berakhir pada Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Jokowi: Jangan Salah Perlakukan Investor, Bisa Hilang

Jokowi mengatakan kebijakan fiskal maupun moneter harus dirancang untuk menarik investor berinvestasi di Indonesia di tengah situasi global yang sangat sulit.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Bulog Siapkan Beras Premium untuk Pekerja dan ASN di Ibu Kota Baru

Bulog menyiapkan beras premium untuk karyawan dan ASN yang akan bertugas di wilayah IKN 2023.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tambang Ilegal, Keluarga Ismail Bolong Penuhi Panggilan Polisi

Tambang Ilegal, Keluarga Ismail Bolong Penuhi Panggilan Polisi

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE