Logo BeritaSatu

Sri Mulyani: Berkah Harga Komoditas Tak Akan Terulang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:53 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan windfall profit atau keuntungan tak terduga yang berasal dari lonjakan harga komoditas yang dialami Indonesia tidak akan berulang lagi pada tahun depan.

"Untuk pendapatan negara, tahun depan memang ini menjadi salah satu yang perlu kita perhatikan. Karena tahun ini, windfall profit yang berasal dari (harga) komoditas sangat tinggi,” kata Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers seusai mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/8/2022).

Sri Mulyani menjelaskan, harga komoditas yang mengalami lonjakan antara lain batu bara, bauksit, nikel, tembaga hingga kelapa sawit. Situasi ini terjadi akibat meletusnya perang Rusia-Ukraina beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, penerimaan pajak akibat lonjakan harga komoditas telah mencapai Rp 279 triliun. Kemudian, penerimaan pada bea keluar juga melonjak hingga Rp 48,9 triliun, khususnya dari bahan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO).

"Kita memproyeksikan dari sisi pajak, kita mendapatkan Rp 279 triliun penerimaan pajak yang berasal dari komoditas. Ini mungkin tidak akan berulang atau tidak akan setinggi ini untuk tahun depan,” ujar Sri Mulyani.

"Sementara, dari sisi bea cukai, kita mendapatkan bea keluar sebesar Rp 48,9 triliun terutama untuk komoditas yang bayar biaya keluar seperti CPO. Dan ini mungkin juga tidak akan terulang pada level yang setinggi ini,” lanjutnya.

Sri Mulyani mengungkapkan kalau melihat tahun ini, harga dari minyak mencapai US$ 95 hingga 100 per barrel. Tahun depan, harga minyak diperkirakan akan melemah pada level US$ 90 per barrel.

"Untuk harga komoditas seperti batu bara yang mencapai US$ 244, tahun depan diperkirakan akan lebih lemah yaitu pada level US$ 200. Sedangkan untuk CPO yang pada tahun ini mencapai US$ 1.350, diperkirakan juga akan menurun di bawah US$ 1.000. Ini semuanya harus dipertimbangkan di dalam mengestimasi penerimaan negara tahun depan,” terang Sri Mulyani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Asabri Serahkan Santunan Program JKM Prajurit TNI AU

Asabri menyerahkan santunan dari manfaat program JKM (Jaminan Kematian) kepada ahli waris Serda Khodir yang meninggal dunia saat aktif berdinas.

EKONOMI | 30 September 2022

Jasa Raharja Dukung Pengembangan Ekowisata di Wakatobi

Kontribusi Jasa Raharja untuk mendukung pengembangan ekowisata di Wakatobi tersebut diberikan melalui sejumlah kegiatan.

EKONOMI | 30 September 2022

Kawasan TOD Dukung Mobilitas dan Hemat Biaya Transportasi

Konsep TOD mengintegrasikan desain ruang kota untuk menyatukan orang, kegiatan, bangunan, dan ruang publik melalui konektivitas.

EKONOMI | 30 September 2022

Bank Muamalat Bukukan Pembiayaan Rp 18,93 Triliun

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk membukukan total pembiayaan mencapai Rp 18,93 triliun pada semester I 2022, turun signifikan 32,12%.

EKONOMI | 30 September 2022

Majukan SDM Pertanian, Petrokimia Gresik Resmikan Program Sekolah Makmur

Petrokimia Gresik meresmikan program “Sekolah Makmur” untuk memajukan SDM pertanian dengan pemberangkatan 30 Taruna Makmur ke berbagai daerah

EKONOMI | 30 September 2022

Xurya Bantu Perusahan Beralih ke Energi Ramah Lingkungan

Xurya, penyedia solusi energi bersih dan terbarukan menawarkan skema sewa tanpa investasi pada perusahaan di Indonesia.

EKONOMI | 30 September 2022

Menperin: Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Produk Halal

Indonesia seharusnya tidak sekedar menjadi konsumen produk halal, tetapi menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

EKONOMI | 30 September 2022

Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

Menurunnya porsi kepemilikan asing terhadap SBN Indonesia saat ini justru memberikan keuntungan bagi Indonesia karena tidak mudah terguncang.

EKONOMI | 30 September 2022

500 Pakar dan Praktisi Diajak Majukan Ekonomi Digital Indonesia

Dentsu Indonesia menyebut potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar dan diprediksi bisa tumbuh secara eksponensial

EKONOMI | 30 September 2022

WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

Perusahaan teknologi, PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group memproyeksikan mengantongi laba bersih Rp 45,9 miliar sampai akhir 2022, naik 87%.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings