Logo BeritaSatu

Indigo Demo Day: Ajang Kolaborasi Startup dan Investor

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:08 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Demi mendukung perkembangan inovasi dan startup anak bangsa, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menggelar Indigo Demo Day 2022.

Kegiatan tahunan ini bertujuan menghubungkan startup binaan Telkom terpilih dengan para pemodal ventura potensial agar dapat berkolaborasi dan menjalin kerja sama strategis.

Indigo Demo Day 2022 mengusung tema “Build Stronger Startup Ecosystem”, di mana Telkom melalui Program Indigo ingin memperkuat ekosistem startup di Indonesia yang telah dibangunnya selama lebih dari sepuluh tahun ini agar dapat berkontribusi lebih pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan B-20 Indonesia, sebuah forum dialog resmi G-20 dengan komunitas bisnis global yang telah didirikan sejak tahun 2010 silam. Secara resmi, B-20 Summit 2022 sendiri akan digelar pada 13-14 November 2022 mendatang.

Startup terpilih yang hadir hari ini turut mendukung misi B-20 Indonesia Digitalization Task Force dalam menjembatani kesenjangan digital,” ujar M Fajrin Rasyid selaku B-20 Digitalization Taskforce Deputy Chair sekaligus Direktur Digital Bisnis Telkom.

Fajrin turut menyampaikan pentingnya peran startup dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Menurutnya, para startup ini berpeluang menghadirkan nilai ekonomi baru dalam beberapa dekade mendatang. Terutama, mengingat peran startup yang telah membantu berbagai pihak dalam menjembatani kesenjangan digital dan menghadirkan solusi atas permasalahan yang banyak ditemui masyarakat.

Tidak hanya itu saja, para startup juga telah banyak membantu korporasi mengadopsi teknologi baru untuk mengakselerasikan bisnisnya, seperti misalnya teknologi blockchain, big data, Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), cloud computing, dan Internet of Things (IoT).

“Selaku B20 Digitalization Task Force Deputy Chair, saya berharap para undangan yang hadir, yakni pemodal ventura, angel investor, dan pemodal korporasi dapat memberikan masukan, wawasan, akses, bahkan investasi kepada para startup binaan Indigo yang terpilih,” lanjut Fajrin.

Tercatat ada 57 undangan yang hadir dalam Indigo Demo Day 2022, mewakili 22 pemodal ventura, angel investor, dan pemodal korporasi; seperti MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, East Ventures, Golden Gate Venture, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), OCBC NISP Ventura, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh beberapa stakeholder ternama, seperti Alibaba Cloud Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Endeavor, serta Deloitte. Kehadiran para undangan ini diharapkan dapat membuka kesempatan para startup binaan untuk berjejaring dan berkolaborasi dalam menghadirkan terobosan baru.

Dalam kegiatan yang digelar dari siang hingga sore ini, Telkom juga menghadirkan rangkaian talkshow yang mengangkat topik “Prospects of Digital Startup Industry and Investment in Post Pandemic Era”.

Talkshow ini menghadirkan para ahli dan praktisi di ekosistem startup, antara lain EVP Digital Business & Technology Telkom Saiful Hidajat, Management Consultant Boston Consulting Group Davids Tjhin, Venture Partner East Venture Avina Sugiarto, serta Investment Analyst dari ANGIN Hyancythia Kesuma sebagai moderator.

Selain itu, para startup dan undangan yang hadir juga berkesempatan mengikuti sesi startup speed dating selama 20 menit untuk berdialog serta berdiskusi terkait kemungkinan pendanaan atau kemitraan yang dapat ditempuh.

Tercatat, setidaknya ada 5 startup yang menarik perhatian para undangan dalam kegiatan matchmaking ini. Salah satu startup yang mengikuti acara ini adalah BIOPS Agrotekno yang bergerak di industri pertanian dan Internet of Things (IoT).

Sebelumnya, Telkom sendiri telah memilih sepuluh startup terbaiknya dalam program Indigo yang hadir dalam Indigo Demo Day 2022 ini, di antaranya adalah Allure AI, ARKids, BIOPS Agrotekno, ctscope, Educourse, Komerce, Mallsampah, Manpro, Tumbasin, dan Wehub.

Ke depannya, Indigo selaku inkubator dan akselerator startup milik Telkom terus berusaha menghadirkan ekosistem yang memadai guna mendukung pertumbuhan startup yang kian pesat di Indonesia. Indigo Demo Day 2022 hanyalah satu dari beragam rangkaian program yang dihadirkan Indigo untuk membantu startup binaannya terhubung dengan berbagai pihak yang dapat memberikan pendanaan serta menjalin kerja sama strategis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Inflasi September 2022 Tertinggi Sejak Desember 2014

Jika dilihat penyumbang inflasi September 2022 ini dari kenaikan bensin, tarif angkutan dalam kota.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Bangun Optimisme di Tengah Ketidakpastian

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang mengusung tema “Optimism in Uncertainty” akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Inflasi September 1,17%, Ini Komoditas Penyumbangnya

Inflasi September 2022 ini terjadi karena kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Jokowi: Jangan Pabrik Kelihatan Tinggi, tetapi Lingkungan Sekitar Miskin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perusahaan besar harus dapat memperhatikan dan membina usaha kecil yang ada di sekitar pabrik.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya melihat impor jagung di Tanah Air mengalami penurunan yang cukup tajam selama 7 tahun terakhir ini.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

NEWS | 52 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings