Logo BeritaSatu

Grup Astra Tambah Investasi di Perusahaan Pembangkit Arkora

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:41 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT United Tractors Tbk (UNTR) anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN) resmi menambah kepemilikan saham di PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), operator Pembangkit Listrik Mini Hydro (PLTM). Adapun EPN merupakan anak usaha United Tractor di sektor energi ramah lingkungan atau energi baru dan terbarukan (EBT).

Direktur Utama PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) Aldo Henry Artoko mengemukakan, telah dilakukan penantandatanganan perjanjian jual beli (conditional sales purchase agreement/CSPA) antara EPN (grup Astra) dan ACEI Singapore (penjual) untuk menambah kepemilikan EPN melalui pembelian saham ARKO yang dimiliki ACEI Singapore sebesar 21,61%.

“Transaksi penambahan kepemilikan saham di ARKO dilakukan Grup Astra melalui anak perusahaannya, yaitu UNTR. Total nilai transaksi pembelian mencapai Rp 176,5 miliar, sehingga total kepemilikan Grup Astra melalui UNTR di ARKO naik menjadi 31,49%,” kata Aldo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Dengan masuknya Grup Astra di ARKO, Aldo mengatakan perusahaan yakin bisa mempercepat perkembangan energi baru terutama untuk mendapatkan proyek-proyek berskala besar berkapasitas di atas 25 MW per proyek melalui pengembangan potensi tenaga air di Tanah Air. “Harapan ini tentunya didukung oleh kemampuan teknis, keuangan dan fundamental ARKO yang kuat,” ungkap Aldo.

Selain itu, kata dia, transaksi ini membuat ARKO bisa masuk ekosistem perusahaan yang sudah mature dengan corporate culture baik dan bisa bertumbuh lebih cepat lagi. “Kami bisa memanfaatkan resource dari Grup Astra/United Tractor untuk keperluan perkembangan perusahaan di masa depan,” katanya.

Menurut Aldo, dengan partnership ini, ARKO memiliki akses lebih baik ke pembiayaan untuk proyek yang lebih besar dan penerapan GCG lebih bagus. "ARKO sebagai perusahaan berkembang yang mempunyai fundamental kokoh, GCG baik dan prospek usaha kuat. Itu dibuktikan dengan Astra Group melalui United Tractor masuk menjadi pemegang saham ARKO," kata Aldo.

Aldo menambahkan, ARKO menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) Rp 200 miliar-Rp 250 miliar pada 2022 untuk pembangkit listrik tenaga air. “Kami juga menyiapkan modal untuk proyek energi terbarukan lainnya, yaitu Arkora Tenaga Matahari sekitar Rp 20 miliar pada 2022,” jelas Aldo.

Aldo mengemukakan, ARKO saat ini mengoperasikan 17,4 MW pembangkit listrik ramah lingkungan. Adapun yang sedang dibangun sebesar 15,4 MW pembangkit listrik tenaga air. ARKO juga sudah memiliki proyek di masa depan yang siap dikembangkan dengan total kapasitas sampai 50 MW.

Perusahaan juga sedang mengincar proyek pembangkit listrik tenaga air berkapasitas di atas 25 MW per project untuk dikembangkan 3-4 tahun ke depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, DPR Minta PSSI Akui Kelemahan ke FIFA

Tragedi Kanjuruhan, DPR Minta PSSI Akui Kelemahan ke FIFA

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings