Logo BeritaSatu

IPO Rohartindo Nusantara Oversubscribed 106,89 Kali

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL), perusahaan di bidang perkakas dan peralatan rumah tangga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 106,89 kali dalam penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Perseroan diproyeksikan meraup dana dari lantai bursa sebanyak Rp 52,07 miliar.

Berdasarkan data sistem e-IPO, dana yang terhimpun IPO Rohartindo Nusantara Luas dalam masa penawaran mencapai Rp 2,137 triliun atau kelebihan permintaan 106,89 kali dari pooling dengan total investor 31.227.

Direktur Utama Rohartindo Nusantara Luas Ronald Hartono Tan mengatakan dana IPO, sebanyak 54,08% untuk membeli aset berupa tiga unit ruko dan dua unit gudang untuk pengembangan usaha dan 45% untuk modal kerja dalam rangka pengembangan bisnis yaitu penambahan barang-barang inventory.

"Barang-barang inventory yang akan dibeli 60% untuk penambahan produk perkakas, 20% untuk penambahan produk peralatan rumah tangga dan 20% untuk penambahan produk tas dan koper," kata dia dalam keterangan tertulisnya Senin (8/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, TOOL juga menerbitkan waran seri I sebanyak 205 juta lembar atau 12,5% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Waran akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal penjatahan.

Setiap pemegang 2 saham baru berhak atas pembelian 1 waran dengan harga pelaksanaan Rp 500 per saham yang dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak diterbitkan, sampai dengan 18 bulan berikutnya. Seluruh dana dari penerbitan waran seri I akan digunakan sebagai modal kerja untuk barang-barang inventory perseroan berupa perkakas, peralatan rumah tangga dan koper robot airwheel.

Dalam IPO tersebut Rohartindo Nusantara Luas menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkakas dan peralatan rumah tangga serta koper, perseroan hadir untuk memenuhi peluang bisnis sektor konsumer tersebut. Kegiatan usaha tersebut dimulai dengan penjualan secara konvensional atau offline melalui agen-agen dan reseller door to door. Seiring dengan perkembangan teknologi, perseroan pun mulai melakukan penjualan secara online. Pada tahun 2021 Rohartindo Nusantara telah memiliki wilayah distribusi di Jakarta, Surabaya, Bandung, Sulawesi, Sumatra, Bali dan Kalimantan dengan lebih dari 1.000 distributor dan re-seller.

Portofolio produk yang dimiliki Rohartindo Nusantara adalah Nankai, Varem, Kovea, American Eagle, Rubystar, SNZO, VVIP, JUNIOR, Airwheel yaitu smart robotic luggage. Perseroan memiliki sejumlah keunggulan produk di antaranya memiliki lebih dari 1.000 distributor dan reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2021 lalu perseroan berhasil membukukan penjualan perkakas, perabot rumah tangga dan penjualan tas dan koper pada tahun 2021 mencapai Rp 111,45 miliar, naik dibandingkan dengan tahun 2020 yang baru mencapai Rp 106,88 miliar.

Dari sisi profiatbilitas, pada tahun 2021 Perseroan mencatat Return On Equity (ROE) sebesar 10,6%, Return On Assets (ROA) 8,0%. laba tahun berjalan terhadap pendapatan sebesar 9,7% dan laba kotor terhadap pendapatan sebesar 31,5%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Penuhi TKDN, Fujitsu Luncurkan 8 Model Baru Pemindai Gambar

Sukses memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), Fujitsu meluncurkan 8 model baru pemindai gambar komersial dalam seri fi.

EKONOMI | 29 September 2022

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi, telekomunikasi, energi, hingga pertanian.

EKONOMI | 29 September 2022

APPNIA Komitmen Dukung Program Penurunan Prevalensi Stunting

Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam menangani stunting.

EKONOMI | 29 September 2022

Bank bjb Tanda Tangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb menandatangani pakta integritas dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendukung iklim bisnis yang baik.

EKONOMI | 29 September 2022

Kenaikan Tarif Penyeberangan Pengaruhi Biaya Operasional

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung menilai kenaikan tarif penyeberangan akan memengaruhi biaya operasional pengusaha di bidang transportasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 5 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings