Logo BeritaSatu

IPO Rohartindo Nusantara Oversubscribed 106,89 Kali

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL), perusahaan di bidang perkakas dan peralatan rumah tangga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 106,89 kali dalam penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Perseroan diproyeksikan meraup dana dari lantai bursa sebanyak Rp 52,07 miliar.

Berdasarkan data sistem e-IPO, dana yang terhimpun IPO Rohartindo Nusantara Luas dalam masa penawaran mencapai Rp 2,137 triliun atau kelebihan permintaan 106,89 kali dari pooling dengan total investor 31.227.

Direktur Utama Rohartindo Nusantara Luas Ronald Hartono Tan mengatakan dana IPO, sebanyak 54,08% untuk membeli aset berupa tiga unit ruko dan dua unit gudang untuk pengembangan usaha dan 45% untuk modal kerja dalam rangka pengembangan bisnis yaitu penambahan barang-barang inventory.

"Barang-barang inventory yang akan dibeli 60% untuk penambahan produk perkakas, 20% untuk penambahan produk peralatan rumah tangga dan 20% untuk penambahan produk tas dan koper," kata dia dalam keterangan tertulisnya Senin (8/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, TOOL juga menerbitkan waran seri I sebanyak 205 juta lembar atau 12,5% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Waran akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal penjatahan.

Setiap pemegang 2 saham baru berhak atas pembelian 1 waran dengan harga pelaksanaan Rp 500 per saham yang dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak diterbitkan, sampai dengan 18 bulan berikutnya. Seluruh dana dari penerbitan waran seri I akan digunakan sebagai modal kerja untuk barang-barang inventory perseroan berupa perkakas, peralatan rumah tangga dan koper robot airwheel.

Dalam IPO tersebut Rohartindo Nusantara Luas menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkakas dan peralatan rumah tangga serta koper, perseroan hadir untuk memenuhi peluang bisnis sektor konsumer tersebut. Kegiatan usaha tersebut dimulai dengan penjualan secara konvensional atau offline melalui agen-agen dan reseller door to door. Seiring dengan perkembangan teknologi, perseroan pun mulai melakukan penjualan secara online. Pada tahun 2021 Rohartindo Nusantara telah memiliki wilayah distribusi di Jakarta, Surabaya, Bandung, Sulawesi, Sumatra, Bali dan Kalimantan dengan lebih dari 1.000 distributor dan re-seller.

Portofolio produk yang dimiliki Rohartindo Nusantara adalah Nankai, Varem, Kovea, American Eagle, Rubystar, SNZO, VVIP, JUNIOR, Airwheel yaitu smart robotic luggage. Perseroan memiliki sejumlah keunggulan produk di antaranya memiliki lebih dari 1.000 distributor dan reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2021 lalu perseroan berhasil membukukan penjualan perkakas, perabot rumah tangga dan penjualan tas dan koper pada tahun 2021 mencapai Rp 111,45 miliar, naik dibandingkan dengan tahun 2020 yang baru mencapai Rp 106,88 miliar.

Dari sisi profiatbilitas, pada tahun 2021 Perseroan mencatat Return On Equity (ROE) sebesar 10,6%, Return On Assets (ROA) 8,0%. laba tahun berjalan terhadap pendapatan sebesar 9,7% dan laba kotor terhadap pendapatan sebesar 31,5%.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Masyarakat diminta untuk memastikan nomor IMEI HP yang tercantum dalam kemasan dengan jumlah SIM yang digunakan agar tidak tertipu ponsel atau HP bodong.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE