Logo BeritaSatu

ESB dan Asensi Tingkatkan Skala Usaha UMKM Kuliner

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:04 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Esensi Solusi Buana (ESB), perusahaan teknologi restoran pintar untuk bisnis kuliner (food and beverage/F&B) melakukan kolaborasi dengan Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) untuk meningkatkan skala usaha UMKM kuliner. Penandatanganan kerja sama diresmikan di The 20th Indonesia Franchise, License and Business Concept Expo and Conference (IFRA) in conjunction with Indonesia License Expo (ILE) 2022 belum lama ini.

"Sebagai salah satu penyedia software sistem operasional bisnis kuliner yang mendedikasikan untuk F&B, ESB mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia pascapandemi Covid-19," kata CEO ESB Restaurant Technology, Gunawan Woen dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/8/2022).

Laporan Fitch 2021 Asia Food and Drink Report menyebutkan bahwa sektor F&B saat ini mampu tumbuh 8% CAGR di industri franchise pasar Asia. Melihat peluang tersebut, ESB berkomitmen mendorong pemerataan digitalisasi dan literasi bagi pelaku UMKM sektor kuliner guna meningkatkan daya saing di era globalisasi dan keterbukaan pasar. "ESB ingin membantu UMKM agar dapat mengembangkan pasarnya lebih luas sekaligus meningkatkan kualitas dagang pemain sektor kuliner di industri franchise Indonesia," kata Gunawan Woen.

Hingga semester I 2022, ada 8.000 merchant telah bergabung dalam ekosistem ESB. Sepanjang acara IFRA-ILE 2022, ratusan franchise kuliner mempercayakan ekosistem ESB sebagai bagian untuk mendukung tata kelola serta meningkatkan skala usaha mereka. Para mitra ini tidak hanya berasal dari Jabodetabek, tetapi kota besar lain seperti Surabaya, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, hingga Bali.

Ketua Umum Asensi Susanty Widjaya mengatakan pameran IFRA 2022 merupakan momentum tepat untuk menemukan potensi bisnis lisensi lokal (domestik) ke tingkat selanjutnya yang lebih mapan. Momentum digitalisasi dan integrasi perekonomian Asia menjadi titik balik pelaku bisnis lisensi, termasuk franchise untuk mengembangkan daya saingnya.

"Melalui kolaborasi ini, kami harap dapat mendukung program pemerintah bertajuk Indonesia Spice Up The World (ISUTW), misi Asensi menghadirkan brand restoran lokal go global dan membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional," jelas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gaet MongoDB, Amar Bank Akselerasi Pengelolaan Data

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bekerja sama dengan MongoDB untuk mengelola data non-relasional dalam jumlah besar.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perangi Kejahatan Kripto, Binance Gelar Pelatihan Penegakan Hukum

Inisiatif ini membantu memerangi kejahatan kripto dan merupakan bagian dari upaya konsisten Binance untuk membantu penegak hukum dan regulator.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Terapkan Tambang Berkelanjutan, Kinerja SIG Menuai Hasil

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih tiga penghargaan dari Kementerian ESDM pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Harga Pertamax Turun Mengikuti Harga Minyak Mentah Dunia

Minyak mentah Brent dan WTI menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan 23% dan 25%. Hal ini diikuti dengan turunnya harga pertamax.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gara-gara Inflasi, Investor Cari Aman di Investasi Emas

Harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan Jumat, setelah angka inflasi AS Agustus secara mengejutkan lebih tinggi dari perkiraan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Di Bawah Tekanan Jual, IHSG Melemah 1,9% dalam Sepekan

IHSG terkoreksi sebesar 1,92% sepanjang pekan ini (26-30/9/2022) menjadi 7.040,798 dari posisi 7.178,583.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

Wall Street jatuh dalam perdagangan bergejolak pada hari Jumat (30/9/2022). Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah baru 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Bahan Baku Jadi Tantangan Target Ekspor Mebel US$ 5 Miliar

Target ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia sebesar US$ 5 miliar pada 2024 membutuhkan pasokan bahan baku.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings