Logo BeritaSatu

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:34 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Platform B2B business solusi digital end-to-end, PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah. Hal ini seiring perubahan kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi digital.

“Dengan pertumbuhan transaksi digital di Indonesia yang begitu pesat, Aviana senang dengan inovasi teknologi yang kami kembangkan bisa membawa dampak begitu besar dalam transisi Indonesia ke arah go digital," kata Founder dan Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Panji Pramana dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/8/2022).

Dia mengatakan Aviana yang berdiri sejak 2011, sudah membantu lebih 1.200 pelaku bisnis digital. "Aviana melalui IRS Market juga merupakan platform inter-transaction produk digital pertama dan terbesar di Indonesia," kata dia.

Panji Pramana menegaskan, dibutuhkan persiapan infrastruktur digital untuk bisa mengadopasi perkembangan teknologi di masa depan, khususnya di Indonesia. Hal itu menjadi keahlian Aviana Sinar Abadi sebagai platform B2B solusi digital end-to-end bagi pelaku bisnis produk digital atau bisnis online mulai pembuatan front-end system, back-end system, sampai Supporting system.

Saat ini, kata dia, Aviana Sinar Abadi sedang mengembangkan inovasi terbarunya yaitu MetaCommerce, solusi berkesinambungan Aviana dalam mewujudkan digitalisasi produk fisik dengan mengadopsi teknologi Web 3.0 dengan kapabilitas AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), dan AI (Artificial Intelligence).

Sementara Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Fitria Irmi Triswati menyampaikan bahwa masyarakat di pelosok saat ini sudah melek digital. Keterbatasan infrastruktur di wilayah remote dan perbatasan tidak menjadi penghambat perkembangan transaksi digital. "Dengan bertambahnya layanan digital lainnya seperti platform streaming, mobile games, e-commerce, masyarakat terus mencari cara agar bisa mendapatkan dan menikmati layanan-layanan digital ini," kata dia.

Pada tahun 2022 BI mencatat ada 21 juta konsumen baru yang bertransaksi digital. Dari total itu, 72% konsumen baru berasal dari wilayah pedesaan dan pelosok Indonesia. Pertumbuhan ini juga didukung dengan peluncuran sistem pembayaran QRIS pada 17 Agustus 2019.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber.

EKONOMI | 29 September 2022

Brand Finance Beri Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Sebanyak 100 perusahaan meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2022" yang diberikan oleh Brand Finance.

EKONOMI | 29 September 2022

Shell Luncurkan Skenario Peta Jalan Indonesia Capai Target Zero Emisi pada 2060

Membangun sistem energi net-zero di Indonesia pada tahun 2060 merupakan tantangan, tetapi, Shell percaya hal ini secara teknis memungkinkan.

EKONOMI | 29 September 2022

Situasi Ekonomi 2023 Gelap, Sri Mulyani: Segera Kumpulkan Amunisi

Sri Mulyani mengungkapkan, suasana dunia pada 2023 akan sangat menantang, dengan tingkat risiko bergeser dari pandemi ke gejolak ekonomi global.

EKONOMI | 29 September 2022

Kemenhub dan Operator Masih Diskusi soal Biaya Aplikasi

Kemenhub bersama operator transportasi online masih melakukan diskusi terkait biaya aplikasi sebesar Rp 2.000 yang dikenakan operator kepada konsumen.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Empat Tantangan Besar Pascapandemi

Sri Mulyani Indrawati membeberkan empat tantangan besar yang dihadapi Indonesia dan negara lainnya setelah pandemi Covid-19.

EKONOMI | 29 September 2022

Ditopang Kredit, Laba Bank Sumut Naik 12% Capai Rp 345 M

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) hingga semester I 2022 mencatatkan laba bersih sebesar Rp 345 miliar, atau tumbuh 12,4%.

EKONOMI | 29 September 2022

PAAI Minta Agen Asuransi Adaptif dengan Kondisi Ekonomi

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengajak seluruh agen asuransi cepat beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang terjadi secara global.

EKONOMI | 29 September 2022

Gandeng PMI, Pelaku Usaha Perbankan Berbagi Sesama

Donor darah merupakan wujud peduli pelaku usaha perbankan kepada sesama sebagai bentuk kontribusi nyata.

EKONOMI | 29 September 2022

Wow! Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi Capai 1.700 Km

Pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol di era Jokowi dilakukan secara masif dibandingkan era sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polri Sebut Isu Konsorsium 303 Sejauh Ini Belum Terbukti

Polri Sebut Isu Konsorsium 303 Sejauh Ini Belum Terbukti

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings