Logo BeritaSatu
Akses Informasi KPR Meningkat

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:38 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Debitur-debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun, seiring pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut mendorong perbankan salah satunya mulai gencar mengakses informasi debitur untuk ekspansi kredit pemilikan rumah (KPR).

Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) Yohanes Arts Abimanyu menyampaikan bahwa data IdScore menunjukkan bahwa profil risiko debitur-debitur jasa keuangan meningkat pada saat pandemi Covid-19. Debitur dengan kategori risiko tinggi dan sangat tinggi bahkah mencakup sampai dengan 90%.

"Sejalan dengan pemulihan ekonomi, banyak dari debitur yang sudah membaik dari sisi kapasitasnya. Ini menunjukkan profil risiko debitur perbankan maupun lembaga keuangan lainnya mengalami penurunan yang cukup baik. Sekarang (Juni) berada di kisaran 80%," kata Abi dalam webinar bertajuk "Inflasi dan Bayang-bayang Kenaikan Suku Bunga, Kapan Waktunya Kredit?", Rabu (10/8/2022).

Meski begitu, dia menerangkan, besaran itu relatif masih tinggi mengingat pandemi belum berakhir dan pemulihan ekonomi tengah berlangsung. Selain itu, pengukuran profil risiko para debitur tersebut turut memperhatikan perilaku transaksi kartu kredit dan layanan buy now pay later (BNPL).

Abi mengungkapkan, layanan BNPL tengah digandrungi masyarakat hingga melampaui volume dan frekuensi dari transaksi kartu kredit. Tapi sayangnya, penggunaan dari layanan BNPL bukan untuk memenuhi kebutuhan, tapi lebih sekedar memenuhi keinginan sementara.

"Semakin banyak kita menggunakan paylater, itu menunjukkan bahwa kita semakin agresif dalam penggunaan kredit. Ini dihitung sebagai perhitungan credit scoring dan menunjukkan risiko yang semakin tinggi. Sehingga perlu diantisipasi oleh perbankan dan masyarakat itu sendiri," jelas dia.

Lebih lanjut, kata Abi, seiring membaiknya profil risiko para debitur dan pemulihan ekonomi nasional, ada ruang untuk perbankan dan jasa keuangan lainnya melanjutkan ekspansi kreditnya. Hal ini ditandai dengan peningkatan akses permintaan informasi kredit, credit scoring, dan credit report kepada IdScore.

"Ini artinya bank sudah mulai berani dan yakin bahwa ekonomi kita sudah mulai bangkit. Tren suku bunga juga dalam kondisi yang stabil dan relatif rendah. Ini menunjukkan bahwa tingkat penyaluran kredit dalam tren pertumbuhan. Data IdScore pun menunjukkan bahwa portofolio kredit mengalami peningkatan sejak Februari 2022," ungkap dia.

Secara sektoral, IdScore mencatat volume kredit modal kerja terpacu paling kencang dibandingkan kredit investasi dan kredit konsumsi. Meski begitu, nampaknya masyarakat juga mulai menunjukkan minatnya untuk mengakses kredit konsumsi.

Baca selanjutnya
Abi mengungkapkan, data IdScore menemukan bahwa akses informasi perkreditan dari kredit ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bersinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam acara Bali Pharmacy Festival 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings