Logo BeritaSatu
Akses Informasi KPR Meningkat

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:38 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Debitur-debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun, seiring pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut mendorong perbankan salah satunya mulai gencar mengakses informasi debitur untuk ekspansi kredit pemilikan rumah (KPR).

Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) Yohanes Arts Abimanyu menyampaikan bahwa data IdScore menunjukkan bahwa profil risiko debitur-debitur jasa keuangan meningkat pada saat pandemi Covid-19. Debitur dengan kategori risiko tinggi dan sangat tinggi bahkah mencakup sampai dengan 90%.

"Sejalan dengan pemulihan ekonomi, banyak dari debitur yang sudah membaik dari sisi kapasitasnya. Ini menunjukkan profil risiko debitur perbankan maupun lembaga keuangan lainnya mengalami penurunan yang cukup baik. Sekarang (Juni) berada di kisaran 80%," kata Abi dalam webinar bertajuk "Inflasi dan Bayang-bayang Kenaikan Suku Bunga, Kapan Waktunya Kredit?", Rabu (10/8/2022).

Meski begitu, dia menerangkan, besaran itu relatif masih tinggi mengingat pandemi belum berakhir dan pemulihan ekonomi tengah berlangsung. Selain itu, pengukuran profil risiko para debitur tersebut turut memperhatikan perilaku transaksi kartu kredit dan layanan buy now pay later (BNPL).

Abi mengungkapkan, layanan BNPL tengah digandrungi masyarakat hingga melampaui volume dan frekuensi dari transaksi kartu kredit. Tapi sayangnya, penggunaan dari layanan BNPL bukan untuk memenuhi kebutuhan, tapi lebih sekedar memenuhi keinginan sementara.

"Semakin banyak kita menggunakan paylater, itu menunjukkan bahwa kita semakin agresif dalam penggunaan kredit. Ini dihitung sebagai perhitungan credit scoring dan menunjukkan risiko yang semakin tinggi. Sehingga perlu diantisipasi oleh perbankan dan masyarakat itu sendiri," jelas dia.

Lebih lanjut, kata Abi, seiring membaiknya profil risiko para debitur dan pemulihan ekonomi nasional, ada ruang untuk perbankan dan jasa keuangan lainnya melanjutkan ekspansi kreditnya. Hal ini ditandai dengan peningkatan akses permintaan informasi kredit, credit scoring, dan credit report kepada IdScore.

"Ini artinya bank sudah mulai berani dan yakin bahwa ekonomi kita sudah mulai bangkit. Tren suku bunga juga dalam kondisi yang stabil dan relatif rendah. Ini menunjukkan bahwa tingkat penyaluran kredit dalam tren pertumbuhan. Data IdScore pun menunjukkan bahwa portofolio kredit mengalami peningkatan sejak Februari 2022," ungkap dia.

Secara sektoral, IdScore mencatat volume kredit modal kerja terpacu paling kencang dibandingkan kredit investasi dan kredit konsumsi. Meski begitu, nampaknya masyarakat juga mulai menunjukkan minatnya untuk mengakses kredit konsumsi.

Baca selanjutnya
Abi mengungkapkan, data IdScore menemukan bahwa akses informasi perkreditan dari kredit ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings