Logo BeritaSatu

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:52 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan dengan berpartisipasi dalam Pameran Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) terintegrasi bertaraf international, Indo Intertex-Inatex 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta pada 10-13 Agustus.

Direktur PT Asia Pacific Rayon (APR) Basrie Kamba mengatakan APR bersama empat mitra yakni Duniatex, Idola Selaras Abadi (ISA), Harapan Abadi Tekstil Indonesia (HATI) dan Kabanatex menampilkan aplikasi produk serat rayon yang mendukung transformasi industri 4.0 sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia sektor industri TPT pascapandemi Covid-19.

"Keikutsertaan APR dalam pameran ini merupakan bentuk komitmen kami dalam pengembangan industri tekstil berkelanjutan di Indonesia," ujar dia dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/8/2022).

Berbagai aplikasi yang ditampilkan berupa bahan garmen berteknologi terkini seperti benang, kain printing, kain celup, hingga aplikasi produk fashion yang material utamanya menggunakan serat rayon APR, seperti sarung, pakaian denim, busana muslim, hingga loungewear.

Sejalan komitmen sustainable fashion, APR juga menampilkan produk recycled fiber Finex yakni serat daur ulang ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Selain itu, APR menampilkan produk serat rayon ramah lingkungan, Lyocell.

Sebagai informasi, serat rayon APR berasal dari bahan baku terbarukan, terlacak, dan mudah terurai (biodegradable). "APR bahkan memiliki aplikasi “Follow Our Fiber” yang memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk melacak asal mula bahan baku kain yang dipakai untuk memproduksi pakaian," kata dia.

Saat ini, pabrik serat rayon APR yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau mampu memproduksi serat rayon berkapasitas 300.000 ton per tahun dan telah diekspor ke 20 negara, termasuk Turkiye, Pakistan, India, Bangladesh, Amerika Serikat hingga Mesir.

Dalam kesempatan yang sama Plt Dirjen Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Ignasius Warsito mengapresiasi industri TPT yang tetap bertahan selama pandemi dan ahkan menjadi motor penggerak untuk pertumbuhan ekonomi nasional. "Sampai Juli 2022 komoditas unggulan ini telah mencatatkan nilai ekspor US$ 6,08 miliar atau berkontribusi sebesar 5,51% terhadap total ekspor nasional," kata dia.

Ignasius berharap penyelenggaraan Indointertex-Inatex 2022 dapat mendukung Making Indonesia 4.0 untuk mendorong transformasi industri tekstil yang lebih berdaya saing dan berinovasi tinggi sehingga dapat bersaing di pasar global.

“Ini adalah momentum baik agar terjadi business matching antara produsen mesin dan pelaku tekstil, sehingga bisa sama membangun ekosistem tekstil ini secara terintegrasi," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bersinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam acara Bali Pharmacy Festival 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings