Logo BeritaSatu

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:52 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan dengan berpartisipasi dalam Pameran Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) terintegrasi bertaraf international, Indo Intertex-Inatex 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta pada 10-13 Agustus.

Direktur PT Asia Pacific Rayon (APR) Basrie Kamba mengatakan APR bersama empat mitra yakni Duniatex, Idola Selaras Abadi (ISA), Harapan Abadi Tekstil Indonesia (HATI) dan Kabanatex menampilkan aplikasi produk serat rayon yang mendukung transformasi industri 4.0 sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia sektor industri TPT pascapandemi Covid-19.

"Keikutsertaan APR dalam pameran ini merupakan bentuk komitmen kami dalam pengembangan industri tekstil berkelanjutan di Indonesia," ujar dia dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/8/2022).

Berbagai aplikasi yang ditampilkan berupa bahan garmen berteknologi terkini seperti benang, kain printing, kain celup, hingga aplikasi produk fashion yang material utamanya menggunakan serat rayon APR, seperti sarung, pakaian denim, busana muslim, hingga loungewear.

Sejalan komitmen sustainable fashion, APR juga menampilkan produk recycled fiber Finex yakni serat daur ulang ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Selain itu, APR menampilkan produk serat rayon ramah lingkungan, Lyocell.

Sebagai informasi, serat rayon APR berasal dari bahan baku terbarukan, terlacak, dan mudah terurai (biodegradable). "APR bahkan memiliki aplikasi “Follow Our Fiber” yang memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk melacak asal mula bahan baku kain yang dipakai untuk memproduksi pakaian," kata dia.

Saat ini, pabrik serat rayon APR yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau mampu memproduksi serat rayon berkapasitas 300.000 ton per tahun dan telah diekspor ke 20 negara, termasuk Turkiye, Pakistan, India, Bangladesh, Amerika Serikat hingga Mesir.

Dalam kesempatan yang sama Plt Dirjen Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Ignasius Warsito mengapresiasi industri TPT yang tetap bertahan selama pandemi dan ahkan menjadi motor penggerak untuk pertumbuhan ekonomi nasional. "Sampai Juli 2022 komoditas unggulan ini telah mencatatkan nilai ekspor US$ 6,08 miliar atau berkontribusi sebesar 5,51% terhadap total ekspor nasional," kata dia.

Ignasius berharap penyelenggaraan Indointertex-Inatex 2022 dapat mendukung Making Indonesia 4.0 untuk mendorong transformasi industri tekstil yang lebih berdaya saing dan berinovasi tinggi sehingga dapat bersaing di pasar global.

“Ini adalah momentum baik agar terjadi business matching antara produsen mesin dan pelaku tekstil, sehingga bisa sama membangun ekosistem tekstil ini secara terintegrasi," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings