Logo BeritaSatu

AFPI dan Kemenkop UKM Jalin Kolaborasi Dukung Bisnis UMKM

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:29 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Industri fintech p2p lending melalui Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memperluas akses penyaluran pinjaman melalui program Solusi dan Konsultasi Pembiayaan dan Investasi (SKOPI). Hal ini berkat kerja sama yang dijalin asosiasi bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Direktur Eksekutif AFPI Kuseryansyah mengatakan, bersama sejumlah asosiasi, perbankan dan lembaga keuangan lainnya, AFPI turut mendukung program UMKM Juara dengan Digital yang diusung oleh Kemenkop UKM. Kerja sama melalui program SKOPI ini memungkinkan fintech lending mendukung pendanaan, permodalan dan akses informasi perkreditan kepada usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

"AFPI bersyukur dapat terlibat dalam program UMKM Juara dengan Digital dari Kemenkop dan UKM melalui penandatanganan nota kesepahaman peluncuran SKOPI. Ini menjadi bukti bahwa industri fintech pendanaan terus berkomitmen untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi masyarakat unbanked dan underserved, khususnya UMKM," kata Kuseryansyah dalam keterangannya, Jumat (12/8/202).

Penandatanganan nota kesepahaman AFPI dengan Kemenkop UKM ini disaksikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

SKOPI merupakan platform alternatif akses pembiayaan dan konsultasi secara online kepada UMKM dalam upaya mendorong peningkatan pertumbuhan kredit dan inklusi keuangan nasional di sektor UMKM. SKOPI menghubungkan UMKM dengan para penyedia layanan lembaga jasa keuangan dan penyedia jasa penilaian kredit.

SKOPI dikembangkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong literasi keuangan. Termasuk memperluas akses pembiayaan dan investasi UMKM guna mendukung inklusi keuangan mencapai 90% pada tahun 2024.

Kuseryansyah mengatakan, kemajuan ekonomi nasional ke depan ditentukan jika semua pihak bisa adaptif dan mampu memanfaatkan teknologi digital sebaik mungkin. Apalagi selama pandemi transaksi UMKM di pasar online meningkat 26%, terdapat 3,1 juta transaksi per hari.

Dua tahun pandemi ini mendorong usaha mikro kecil dan menengah bertransformasi digital, ada 19 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital atau tumbuh sekitar 137% dari sebelum pandemi. Kemenkop UKM optimis target 30 juta UMKM masuk ekosistem digital pada tahun 2024 dapat tercapai.

Baca selanjutnya
Wakil Ketua Bidang Humas AFPI yang juga COO Aktivaku Tofan Saban ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank BJB Berikan Ilmu Wira Usaha untuk Calon Pensiunan

Bank BJB memberikan pelatihan wira usaha terhadap calon pensiunan PNS atau Pra Pensiun di wilayah DKI Jakarta.

EKONOMI | 30 September 2022

Dear Warga! Tiga Akses Baru Tol Becakayu Beroperasi Hari Ini

Ketiga jalur akses masuk Tol Becakayu resmi beroperasi dan dapat digunakan oleh pengguna jalan pada 30 September 2022 pukul 14.30 WIB.

EKONOMI | 30 September 2022

BSU Disalurkan, Begini Cara Cek Apakah Anda Penerimanya

Bantuan subsidi upah (BSU) yang digulirkan untuk menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga telah disalurkan dalam tiga tahap

EKONOMI | 30 September 2022

Dirut Garuda Optimistis Suspensi Saham Dibuka pada Desember

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menargetkan saham perusahaan akan kembali dibuka pada Desember 2022.

EKONOMI | 30 September 2022

Pemerintah Kendalikan Inflasi, KSP: Stabilitas Harga Pangan Berhasil Dijaga

Tenaga Ahli Utama KSP Edy Priyono mengatakan kerja keras pemerintah dalam pengendalian inflasi telah berhasil menjaga stabilitas harga pangan.

EKONOMI | 30 September 2022

BPH Migas Ingin Pembatasan BBM Subsidi Terealisasi, Kapan?

Salah satu opsi untuk mengatasi kekurangan BBM subsidi akibat pemakaian yang melebihi kuota adalah membatasi pembelinya.

EKONOMI | 30 September 2022

Penerimaan Pajak Tumbuh 58%, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa penerimaan pajak kini mencapai Rp 1.171 triliun atau tumbuh 58% (year on year/yoy).

EKONOMI | 30 September 2022

Tol Gilimanuk-Mengwi Dimulai, Pemburu Cuan Bidik Proyek CBR

Dimulainya pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi disambut positif oleh pengembang. Salah satunya, Ciputra Beach Resort (CBR) yang berlokasi di Tabanan.

EKONOMI | 30 September 2022

Bank Syariah Indonesia Jadi BUMN, Ini Update Anak Buah Erick

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI akan didorong untuk dijadikan sebagai bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

EKONOMI | 30 September 2022

Presiden Bank Dunia: Ekonomi Dunia Menghadapi Krisis

"Konsekuensinya akan dirasakan kita semua karena sifat ekonomi global yang saling terkait di seluruh dunia," kata Presiden Bank Dunia David Malpass.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wagub: Pulau G Tak Eksklusif, Diperuntukan untuk Masyarakat

Wagub: Pulau G Tak Eksklusif, Diperuntukan untuk Masyarakat

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings