Logo BeritaSatu

Harga Minyak Turun karena Ekspektasi Gangguan Pasokan Mereda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:01 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Chicago, Beritasatu.com - Harga minyak anjlok sekitar 2% pada Jumat (12/8/2022), di tengah ekspektasi bahwa gangguan pasokan di Teluk Meksiko AS hanya bersifat jangka pendek. Sementara kekhawatiran resesi ekonomi memangkas prospek permintaan minyak.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun US$ 1,47, atau 1,5%, menjadi US$ 98,13 per barel, sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ambles US$ 2,08, atau 2,2%, menjadi US$ 92,26 per barel. Kedua kontrak naik lebih dari 2% pada Kamis (11/8/2022). "Hanya minyak turun sedikit setelah kenaikan besar kemarin," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Harga minyak Brent mencatat kenaikan 3,5% minggu ini setelah penurunan 14% minggu lalu di tengah kekhawatiran inflasi dan suku bunga menekan pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar. Sementara harga minyak WTI naik 3,7%.

"Petugas mengganti bagian pipa minyak yang rusak pada Jumat," kata seorang pejabat pelabuhan Louisiana, yang memungkinkan dimulainya produksi di tujuh anjungan minyak lepas pantai Teluk Meksiko AS.

Produsen minyak utama Teluk Meksiko AS, Shell Kamis (11/8/2022) mengatakan pihaknya menghentikan produksi di tiga anjungan laut dalam di wilayah tersebut. Ketiga anjungan tersebut dirancang untuk menghasilkan produksi hingga 410.000 barel minyak per hari.

Pasar juga mencermati permintaan yang kontras dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Badan Energi Internasional (IEA).

"Kami melihat ada perlambatan ekonomi, tetapi tidak jelas sebesar apa pelemahan yang diprediksi oleh beberapa pandangan baru-baru ini," kata Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, Ole Hansen. “Permintaan tetap berfluktatif, tetapi pasokan masih menjadi perhatian utama,” kata dia.

Sementara sanksi Eropa terhadap minyak Rusia akan diperketat akhir tahun ini. Adapun pelepasan energi selama 6 bulan yang disepakati Amerika Serikat dan negara maju akan berjalan pada akhir 2022.

OPEC pada Kamis memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia 2022 sebesar 260.000 barel per hari (bph). OPEC mengharapkan permintaan meningkat sebesar 3,1 juta barel per hari tahun ini.

Sedangkan IEA menaikkan proyeksi permintaan minyak menjadi 2,1 juta barel per hari, dengan alasan peralihan gas ke minyak di pembangkit listrik. IEA juga menaikkan prospek pasokan minyak Rusia sebesar 500.000 barel per hari untuk paruh kedua 2022 tetapi mengatakan OPEC akan berjuang untuk meningkatkan produksi.

Di Amerika Serikat, harga impor turun untuk pertama kalinya dalam 7 bulan pada bulan Juli, dipicu penguatan dolar dan biaya bahan bakar dan non-bahan bakar yang lebih rendah.

Adapun rig minyak AS naik tiga menjadi 601 pada minggu ini, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Temukan

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings