Logo BeritaSatu

Harga Minyak Turun karena Ekspektasi Gangguan Pasokan Mereda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:01 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Chicago, Beritasatu.com - Harga minyak anjlok sekitar 2% pada Jumat (12/8/2022), di tengah ekspektasi bahwa gangguan pasokan di Teluk Meksiko AS hanya bersifat jangka pendek. Sementara kekhawatiran resesi ekonomi memangkas prospek permintaan minyak.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun US$ 1,47, atau 1,5%, menjadi US$ 98,13 per barel, sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ambles US$ 2,08, atau 2,2%, menjadi US$ 92,26 per barel. Kedua kontrak naik lebih dari 2% pada Kamis (11/8/2022). "Hanya minyak turun sedikit setelah kenaikan besar kemarin," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Harga minyak Brent mencatat kenaikan 3,5% minggu ini setelah penurunan 14% minggu lalu di tengah kekhawatiran inflasi dan suku bunga menekan pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar. Sementara harga minyak WTI naik 3,7%.

"Petugas mengganti bagian pipa minyak yang rusak pada Jumat," kata seorang pejabat pelabuhan Louisiana, yang memungkinkan dimulainya produksi di tujuh anjungan minyak lepas pantai Teluk Meksiko AS.

Produsen minyak utama Teluk Meksiko AS, Shell Kamis (11/8/2022) mengatakan pihaknya menghentikan produksi di tiga anjungan laut dalam di wilayah tersebut. Ketiga anjungan tersebut dirancang untuk menghasilkan produksi hingga 410.000 barel minyak per hari.

Pasar juga mencermati permintaan yang kontras dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Badan Energi Internasional (IEA).

"Kami melihat ada perlambatan ekonomi, tetapi tidak jelas sebesar apa pelemahan yang diprediksi oleh beberapa pandangan baru-baru ini," kata Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, Ole Hansen. “Permintaan tetap berfluktatif, tetapi pasokan masih menjadi perhatian utama,” kata dia.

Sementara sanksi Eropa terhadap minyak Rusia akan diperketat akhir tahun ini. Adapun pelepasan energi selama 6 bulan yang disepakati Amerika Serikat dan negara maju akan berjalan pada akhir 2022.

OPEC pada Kamis memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia 2022 sebesar 260.000 barel per hari (bph). OPEC mengharapkan permintaan meningkat sebesar 3,1 juta barel per hari tahun ini.

Sedangkan IEA menaikkan proyeksi permintaan minyak menjadi 2,1 juta barel per hari, dengan alasan peralihan gas ke minyak di pembangkit listrik. IEA juga menaikkan prospek pasokan minyak Rusia sebesar 500.000 barel per hari untuk paruh kedua 2022 tetapi mengatakan OPEC akan berjuang untuk meningkatkan produksi.

Di Amerika Serikat, harga impor turun untuk pertama kalinya dalam 7 bulan pada bulan Juli, dipicu penguatan dolar dan biaya bahan bakar dan non-bahan bakar yang lebih rendah.

Adapun rig minyak AS naik tiga menjadi 601 pada minggu ini, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings