Logo BeritaSatu

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:40 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI terus mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia untuk naik kelas dan meningkatkan kapasitasnya. Upaya nyata tersebut diwujudkan BRI kepada industri kopi melalui BRI Indonesia Coffee Event (ICE) 2022 yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

BRI ICE 2022 merupakan ajang pertemuan seluruh ekosistem kopi di Tanah Air yang digelar tanggal 26-29 Juli 2022 lalu di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Para pelaku ekosistem kopi khususnya industri hilir, berkompetisi pada 2 kategori championship, yakni Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC).

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan bahwa sebagian besar peserta berasal dari komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

“Melalui keterlibatan BRI dalam event ini, kami berharap pelaku ekosistem kopi di Indonesia dapat turut berkompetisi di Internasional dan mempromosikan Specialty Coffee unggulan Indonesia,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (15/8/2022).

Terkait hal ini, BRI juga membuka booth untuk memfasilitasi UMKM yang membutuhkan pendampingan pemberdayaan, konsultasi dan diskusi terkait permodalan sampai dengan layanan transaksi perbankan. BRI juga mendukung transaksi di coffee village menggunakan QRIS dan EDC yang sejalan dengan journey pemberdayaan UMKM BRI yakni go digital.

“Harapannya kopi Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di Tanah Air, tetapi juga dapat merajai pasar kopi di manca negara. Indonesia memiliki aneka specialty coffee unggulan dari Aceh sampai Papua yang diyakini dapat bersaing dengan negara penghasil kopi lainnya,” lanjut Amam.

Terdapat beberapa program pemberdayaan BRI yang dapat mendukung UMKM go ekspor di antaranya BRILianpreneur, Growpreneur, BRIncubator dan Rumah BUMN.

“BRI berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi menjadi ekosistem yang lebih efisien dan berkelanjutan sehingga kesejahteraan tidak hanya dirasakan oleh beberapa pelaku ekosistem, namun juga oleh semua pelaku ekosistem kopi dari petani di tingkat hulu hingga pengusaha ritel di hilir," jelasnya.

Sebagai informasi, pemenang dari tiap kompetisi tersebut, yakni Yessylia Violin dari Common Ground yang dinobatkan sebagai Juara IBC 2022 dan John Richard Christopher dari Fugol Coffee Roaster sebagai Juara IBrC 2022, akan diberangkatkan mewakili Indonesia dalam kejuaran dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE), di mana tahun ini akan diselenggarakan di Melbourne, Australia pada 27-30 September 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri Sebut Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Berjumlah 125 Orang

Kapolri Sebut Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Berjumlah 125 Orang

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings