Logo BeritaSatu

OJK Komitmen Perkuat Sinergisitas dan Komunikasi

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:14 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan. Namun demikian, OJK tetap harus bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk dalam hal komunikasi untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait produk jasa keuangan.

Mahendra menjelaskan, perekonomian tengah menghadapi banyak tantangan, di antaranya kemungkinan terjadi stagflasi yang lebih besar, masalah global supply chain, juga termasuk persoalan pengaturan untuk produk dan jenis investasi. Namun, di balik itu bukan hanya tantangan, tapi juga ada peluang.

"Kami akan memainkan peran sebagai regulator sebagai pengawas, pengatur, sebagai pelayan dari keseluruhan jasa keuangan. Tapi di lain pihak kami tentu tahu persis dan paham bahwa media memerankan posisi yang sangat penting dalam hal itu. Apalagi berkaitan dengan aspek berkaitan dengan edukasi dan literasi dan sosialisasi dari berbagai hal yang seringkali isu utamanya juga adalah komunikasi yang harus diperbaiki,” ungkap Mahendra saat pertemuan Anggota Dewan Komisioner OJK dengan Pemimpin Redaksi Media Massa di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mahendra menekankan, bahwa Anggota Dewan Komisioner OJK hadir lengkap. Hal ini menunjukkan prioritas dan juga pentingnya OJK dalam membangun komunikasi.

Dia mengungkapkan, OJK akan melakukan berbagai hal yang memang terkait dengan kebutuhan untuk perbaikan dan reformasi sekaligus penyempurnaan internal organisasi. Tapi juga tentu lebih penting lagi bagaimana ke depannya di tengah kondisi geopolitik yang makin tidak mudah dan penuh tantangan, national interest Indonesia tetap bisa terus terjaga.

“Jadi ini kepentingan yang jauh lebih besar lagi yang perlu kita lihat sebagai perekat dari komunikasi sinergi kerja sama dan juga network antara kita. Ini kalau boleh menjadi pesan utama kami dalam kita melihat ini. Bahwa tentu di dalam masing-masing tugas kita, kami di OJK dan Bapak Ibu di media harus memerankan peran sesuai dengan domain-nya sesuai dengan profesi tuntutan pekerjaannya harus dijunjung tinggi, tapi di lain pihak komunikasi yang cair kedekatan dan sinergi pemahaman satu sama lain,” imbuh Mahendra Siregar.

Dengan sinergitas, lanjut dia, diharapkan bisa mengedepankan kepentingan yang lebih besar, khususnya di sektor ekonomi dan stabilitas sosial politik Indonesia.

"Belum lagi dalam konteks kita sendiri akan masuk ke periode pemilihan umum sehingga aspek tadi semakin penting. Bahwa masing-masing menjalankan tugasnya saya rasa kita sudah terlalu senior untuk diingatkan, namun kita justru saling mengingatkan kepentingan nasional, kepentingan bersama,” papar Mahendra.

Adapun Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 hadir lengkap bersilaturahmi dengan para pemimpin redaksi nasional pada Senin, 15 Agustus 2022, yakni:

1. Mahendra Siregar sebagai Ketua merangkap anggota;

2. Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Komite Etik dan anggota;

3. Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota;

4. Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota;

5. Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota;

6. Sophia Isabella Wattimena sebagai Ketua Dewan Audit merangkap anggota (hadir secara daring);

7. Friderica Widyasari Dewi sebagai anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen;

8. Doni Primanto Joewono sebagai anggota Ex-Officio dari Bank Indonesia;

9. Suahasil Nazara sebagai anggota Ex-Officio dari Kementerian Keuangan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiongkok Gunakan Robot untuk Uji Bom di Pesawat Hipersonik

Tiongkok Gunakan Robot untuk Uji Bom di Pesawat Hipersonik

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings