Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Puan Maharani: IKN Penggerak Ekonomi dan Identitas Sosial

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:58 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau ibu kota negara (IKN) Nusantara, Rabu, 22 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani kembali menekankan dukungan DPR terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Puan pun berharap semua masyarakat mendukung pembangunan IKN sebagai agenda strategis nasional yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Menurut Puan, IKN bakal menjadi penggerak perekonomian Indonesia pada masa depan.

“DPR telah memberikan dukungan untuk Pembangunan Ibu Kota Negara. Ibu Kota Negara, Nusantara, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” ujar Puan dalam sidang tahunan MPR di ruang rapat paripurna, gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

“Ibu kota negara telah menjadi amanat undang-undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan peta jalan serta pentahapan pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus ibu kota negara,” tutur Puan. menambahkan

Puang menyatakan keberhasilan pembangunan IKN selain membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik, juga sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan anak bangsa.

Menurut Puan, hal tersebut dibutuhkan untuk dapat selaras dalam memaknai IKN sebagai agenda bersama dalam membangun ekonomi Indonesia di masa depan. Selain itu juga, sebagai momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional.

“Arah dan prioritas agenda-agenda pembangunan nasional ke depan membutuhkan landasan hukum yang memadai untuk dapat dilaksanakan oleh setiap pemerintahan, sehingga pembangunan fisik dan pembangunan karakter bangsa dapat berkesinambungan dalam mencapai tujuan nasional,” jelasnya.

“Kita perlu rembuk bersama, untuk menentukan kemana arah pembangunan bangsa dan negara Indonesia ke depan yang dapat menjadi acuan seluruh pemangku kepentingan,” imbuh Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR ini juga menekankan pentingnya politik pembangunan demi kemajuan Indonesia ke depan. Dengan jiwa pengabdian membangun Indonesia, kata Puan, maka politik pembangunan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan dapat berfokus pada upaya-upaya untuk kesejahteraan rakyat, kemajuan pembangunan di seluruh wilayah Tanah Air, dan pembangunan kebudayaan nasional.

“Politik pembangunan membutuhkan tahapan pelaksanaan, prioritas, pengelolaan sumber daya, dan perencanaan pembangunan nasional,” pungkas Puan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI