Logo BeritaSatu

Momentum G-20, Indonesia Diharap Beri Solusi Dinamika Global

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:07 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat memiliki peran strategis di kancah global. Indonsia diharapan mampu memberikan solusi hadapi dinamika dunia. Apalagi Indonesia saat ini memegang Presidensi G-20 dan 20 pemimpin dunia akan bertemu pada KTT G-20 bulan November mendatang.

"Suara Indonesia diharapkan bisa turut memberikan alternatif solusi di tengah dinamika global yang sedang bergejolak," ucap Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna DPR-MPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, Indonesia dengan politik luar negeri bebas aktif serta berpegang pada prinsip Dasa Sila Bandung, perlu mengkonsolidasi dukungan negara-negara di kawasan, untuk menyerukan solusi perdamaian permanen dalam mengatasi ketegangan militer.

Hal ini juga diwujudkan melalui kenegarawanan Presiden Jokowi yang membawa misi perdamaian dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu yang lalu. "Patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya" ucapnya.

Bamsoet menegaskan perang dengan alasan apa pun, selalu membawa petaka, kehancuran, dan kesengsaraan. Perang menghancurkan peradaban, yang telah dibangun berabad-abad. Selain itu, dampak perang menimbulkan krisis kemanusiaan, ekonomi, pangan, dan energi.

Selain itu dalam presidensi G-20, Indonesia menawarkan agenda konsolidasi ekonomi, untuk mencapai kerja sama strategis serta menjembataninya dengan komitmen pembangunan inklusif secara global melalui G-20. "Ini merupakan bukti komitmen Indonesia, untuk membawa dunia yang lebih inklusif dan segera bangkit bersama-sama di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung," ucapnya.

Dia ingin pelaksanaan KTT G-20 berjalan lancar dan sukses. Kepemimpinan Indonesia dalam Presidensi G-20 diharapkan dapat dikenang dunia sebagai upaya nyata mewujudkan tatanan ekonomi dunia yang damai.

"Kita tentunya berkeinginan, kepemimpinan Indonesia di G-20 tahun ini, kelak dikenang dunia sebagai upaya nyata dalam mewujudkan tatanan dunia yang damai, tumbuh berkelanjutan, serta menghapus segala penderitaan rakyat di dunia," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Indef: Tahun Politik Berpotensi Ganggu Stabilitas Ekonomi

Tauhid memperingatkan tahun politik dan gejolak global di tahun depan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi dalam negeri.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: Papan Ekonomi Baru Setara dengan Papan Utama

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan papan ekonomi baru yang setara dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: BELI, BUKA, GOTO Masuk Papan Ekonomi Baru

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan BELI, BUKA, dan GOTO masuk papan ekonomi baru yang sejajar dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE