Logo BeritaSatu

Puan: IKN Diharapkan Tingkatkan Pemerataan Ekonomi

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:14 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik. IKN diharapkan meningkatkan pemerataan sekaligus menjadi penggerak perekonomian domestik.

“IKN Nusantara, diharapkan menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” kata Puan Maharani dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pada Selasa (16/8/2022).

Advertisement

Pembangunan IKN dilakukan sejalan dengan amanat dari UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pembangunan IKN telah menjadi amanat Undang Undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan peta jalan serta pentahapan pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus Ibu Kota Negara. DPR RI telah memberikan dukungan untuk pembangunan IKN.

Dia mengatakan pembangunan IKN harus dijalankan secara sinergis antarpemangku kepentingan. Pembangunanya ditentukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa.

“Diperlukan dukungan seluruh pihak untuk dapat selaras dalam memaknai IKN sebagai agenda kita bersama dalam membangun ekonomi Indonesia masa depan dan momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional,” kata dia .

Sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan untuk pembangunan IKN Nusantara sudah terdapat sejumlah negara yang berminat menanamkan modal dalam pembangunan IKN. Oleh karena itu pembangunan IKN Nusantara tetap berjalan sesuai dengan rencana pemerintah.

Beberapa negara yang sudah berminat untuk investasi di IKN Nusantara yaitu Uni Emirat Arab, Korea, Taiwan, dan Tiongkok. Dia mengatakan untuk Uni Emirat Arab sudah menaruh modal sebesar US$ 20 miliar di Lembaga Pengelola Investasi(LPI). Untuk pembangunan IKN dibutuhkan anggaran Rp 466 triliun. Dari jumlah tersebut 20% pembiayaan berasal dari APBN dan sisanya berasal dari investasi murni.

“Kawasan-kawasan dibangun pemerintah terkait infrastruktur dasar untuk nilai ekonomi tinggi. Mereka memang mau investasi di Indonesia. Investasi yang mereka masuk tidak hanya di properti, mereka mau bikin di sumber daya alam, bikin hilirisasi,” kata Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Digantikan Artificial Intelligence?

Artificial intelligence (AI) mampu menggantikan peran manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti customer service hingga polisi lalu lintas.

EKONOMI | 6 Februari 2023

OJK Minta Jiwasraya Sampaikan RPK Penyelesaian Pengalihan Polis

OJK meminta Asuransi Jiwasraya untuk menyampaikan rencana penyehatan keuangan (RPK) terbaru tentang penyelesaian pengalihan polis ke PT Asuransi Jiwa IFG.

EKONOMI | 6 Februari 2023

Fintech Lending Salurkan Pembiayaan Rp 232,15 T di 2022

Industri fintech lending tercatat menyalurkan pembiayaan Rp 232,15 triliun sepanjang tahun 2022, atau tumbuh 48,9 persen dibandingkan realisasi tahun 2021.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Tugure Cetak Laba Bersih Rp 104,82 Miliar Sepanjang 2022

Pencapaian laba bersih Tugure dipicu hasil investasi senilai Rp 137,38 miliar atau tumbuh 25,02 persen (yoy) pada tahun 2022.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Aturan Baru OJK Akomodir Kebutuhan Pialang Asuransi Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Peraturan OJK Nomor 28 Tahun 2022 (POJK 28/2022) yang mengatur bisnis pialang asuransi digital.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transformasi Digital Akselerasi Arus Informasi di Medsos

Dewa Agung Wisnu memiliki keyakinan transformasi digital sampai saat ini telah memberikan banyak manfaat di semua kalangan masyarakat.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Capital Inflow di SBN dan Saham Rp 4,96 T

Bank Indonesia (BI) menyatakan jumlah aliran modal asing masuk (capital inflow) ke pasar keuangan domestik mencapai Rp 4,96 triliun..

EKONOMI | 5 Februari 2023

KEK Kura-kura Bali Akan Datangkan Investasi Rp 104 T, Serapan Pekerja?

KEK Kura-Kura Bali (KKB) diproyeksi akan menghasilkan investasi Rp 104,4 triliun dan serap hampir 100.000 tenaga kerja

EKONOMI | 5 Februari 2023

Menteri PUPR: Pembangunan Infrastruktur IKN Sudah 14 Persen

Menurut Basuki, hingga saat ini masih ada sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dasar IKN yang masih dalam proses lelang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Reformasi Perpajakan dan Belanja Akan Tekan Defisit APBN

Guna mencapai target defisit APBN di bawah 3% pada tahun 2023, pemerintah harus berfokus pada strategi reformasi pajak yang efektif

EKONOMI | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE