Logo BeritaSatu

Kenaikan Harga BBM Kerek Inflasi, Seberapa Besar Dampaknya?

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:43 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai masalah utama pemberian subsidi BBM adalah pengawasan dan ketepatan data penerima. Subsidi BBM sebenarnya dibutuhkan, artinya jangan terpaku bahwa pemberian subsidi BBM merupakan hal yang sifatnya buruk bagi APBN.

Menurut dia, hal yang perlu menjadi diskusi lebih lanjut adalah bagaimana memastikan bahwa subsidi BBM ini dapat diterima orang yang benar-benar berhak. Di situlah kemudian pemerintah menjalankan perannya untuk membantu warga masyarakat secara luas.

“Di saat yang bersamaan kenaikan harga BBM berpotensi mengerek inflasi ke level yang lebih tinggi, sehingga ini yang kemudian dikhawatirkan justru akan berdampak terhadap kenaikan harga barang lain dan akhirnya berdampak terhadap peningkatan orang miskin,” ucap Yusuf saat dihubungi Investor Daily, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan, pemerintah perlu menghitung di level berapa harga BBM jika dinaikkan tidak memberikan dampak signifikan, terutama daya beli masyarakat. Hal tersebut dikombinasikan dengan kemampuan APBN dalam memberikan bantuan bersamaan dengan subsidi melalui perlindungan sosial dan bantuan lainnya. “Sehingga kenaikan ini kalaupun merembet ke faktor lain itu bisa atau tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap daya beli masyarakat,” kata dia.

Pemerintah sudah menyiapkan bantuan sosial untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM bersubsidi. Yusuf mengatakan, bantuan sosial tunai merupakan program ideal karena langsung menyasar ke masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat diberikan pilihan dana bantuan yang diberikan itu untuk apa.

“Jika berbicara masyarakat secara luas bantuan yang diberikan oleh pemerintah umumnya akan dikonsumsi langsung sehingga sebenarnya ini juga akan mendorong konsumsi rumah tangga untuk bisa tetap berada pada level pertumbuhan yang diinginkan oleh pemerintah,” kata Yusuf.

Untuk harga Pertamax, Yusuf mengatakan BBM tersebut lebih banyak digunakan kelompok masyarakat menengah ke atas. Dia menuturkan, selama kenaikannya itu tidak signifikan dan misalnya hanya relatif marginal, kemampuan atau kapasitas kelompok ini untuk menanggung kenaikan harga Pertamax masih bisa dilakukan.

Mengenai energi baru terbarukan (EBT), Yusuf menuturkan upaya tersebut membutuhkan diskusi jangka menengah sampai panjang. Salah satu tantangan pengembangan EBT adalah mahalnya nilai investasi yang harus dikeluarkan pemerintah ketika ingin membangun ekosistem EBT. Tentu pemerintah harus mendorong investasi yang lebih besar dan lebih banyak ke proyek-proyek energi baru terbarukan.

“Saya pikir itu hanya bisa dilakukan ketika pemerintah memastikan iklim investasi di dalam negeri siap untuk menampung investor ataupun calon investor yang bersedia untuk mengembangkan EBT di Indonesia,” tutur Yusuf.

BPS mencatat, pada Juli 2022 terjadi inflasi sebesar 0,64% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,80. Tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 3,85% dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 4,94%.

Komponen inti pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,28%. Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender (Januari–Juli) 2022 sebesar 2,11% dan tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 2,86%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wenger: Arsenal Berpeluang Juarai Liga Inggris Musim Ini

Wenger: Arsenal Berpeluang Juarai Liga Inggris Musim Ini

BOLA | 13 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings