Logo BeritaSatu

Barito Pacific Dukung Mapala UI Wujudkan Ekonomi Sirkular

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:58 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Perusahaan sektor sumber daya alam terintegrasi, Barito Pacific melalui Yayasan Bakti Barito, memberikan dukungan kepada Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) dalam menjalankan kegiatan Universitas Indonesia Membangun Nusa (UIMN) terkait pengelolaan sampah terpadu dan ekonomi sirkuler.

Salah satu kegiatan Mapala UI adalah mengadvokasi ekonomi sirkular melalui program trash to cash dan community development di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Program community development lainnya yakni program Rumah Baca Nusantara serta mendorong UMKM yang fokus pada suplai oleh-oleh khas Dusun Prajak berbahan dasar rumput laut.

“Universitas Indonesia Membangun Nusa atau UIMN merupakan konsep kegiatan visioner dan memiliki misi menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk menjadi pemicu perubahan sosial yang berkelanjutan. Konsep UIMN yang mengusung nilai efektivitas, sinergitas, dan keberlanjutan pada setiap proyek kegiatannya merupakan landasan yang cukup untuk memberikan dampak positif berkelanjutan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar),” ujar Ketua pelaksana UIMN Tries Apriliando dalam keterangan tertulisnya Rabu (17/8/2022).

Program trash to cash merupakan kegiatan pengelolaan sampah di Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB yang selama ini masih belum optimal. "Dengan adanya program ini diharapkan terjadi ekonomi sirkular dengan mengelola sampah plastik yang memiliki nilai ekonomi," kata dia.

Anggota Dewan Pembina Yayasan Bakti Barito, Rudy Suparman mengatakan, kegiatan UIMN ini sejalan dengan program Bakti Barito dalam ekonomi sirkular, yaitu Bakti Kelola Lingkungan yang bertujuan membangun perilaku konsumsi bertanggung jawab tentang pengelolaan sampah.

Yayasan Bakti Barito merupakan yayasan filantropi yang fokus memberikan manfaat bagi semua kepentingan masa depan dengan kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Ekonomi sirkular bertujuan membantu mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, limbah, dan polusi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings