Logo BeritaSatu

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 Sajikan Teknologi Transformasi Digital

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:20 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Perhelatan besar tahunan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 akan menyajikan teknologi penopang transformasi digital yang digelar luring pada 24-25 Agustus 2022 di Bidakara, Jakarta Selatan. Acara ini digelar sebagai wujud dukungan dalam percepatan implementasi Industri 4.0 yang mendukung industri inklusif dan berkelanjutan.

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) kembali berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan Naganaya Indonesia.

Heru Kustanto selaku Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri, Kemenperin RI mengatakan kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan menjadi ajang bagi ekosistem industri, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi, penyedia teknologi maupun pemerhati industri untuk bertemu dan berdiskusi, dan berkolaborasi dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia.

“Sinergi dan kolaborasi antar pihak berperan penting dalam implementasi industri 4.0 sesuai program prioritas Making Indonesia 4.0. Implementasi industri 4.0 merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan dan mendorong pemulihan sektor industri dalam negeri,” papar Heru.

Ketua Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Andi Budimansyah, turut menyampaikan bahwa Industri 4.0 melibatkan seluruh SDM dengan pengoptimalkan penggunaan teknologi. Alur kerja yang efektif dan efisien diharapkan akan menghasilkan produksi yang berkualitas degan tingkat efisiensi sumber daya yang lebih optimal.

Gelaran Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 ini akan berlangsung selama dua hari dan pendaftaran gratis saat ini sudah mencapai lebih dari 2400 pengunjung. Selain menikmati pameran dan konferensi yang menampilkan lebih dari 850 produk dan solusi teknologi terkini serta informasi terkait industri 4.0, pengunjung juga dapat menikmati fitur lain di antaranya Silent Conference, Warehouse of Idea, Cocktail Reception Party, dan beragam fitur menarik lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya Adiguna, Direktur Utama Naganaya Indonesia (Organizer Acara) menyampaikan bahwa Indonesia 4.0 Conference & Expo terlahir dari adanya program Making Indonesia 4.0 pada 2018, tempat event ini akan menjadi satu taman bermain untuk seluruh pemangku kepentingan bertemu dan berdiskusi. Ditampilkan ratusan produk, solusi berbasis teknologi terkini dalam menopang transformasi digital.

“Acara ini didukung oleh Strategic Partner di antaranya PIDI 4.0 dan Schneider Electric serta stakeholder industri Indonesia termasuk Asosiasi Pendukung dan 42 lebih perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi, di antaranya Schneider Electric, Siemens Indonesia, PT. Pegadaian, Signify, dan AWS. Kita akan berkumpul selama dua hari, untuk berdiskusi, menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia,” kata Aditya.

Mariam F Barata, Koordinator MAG ID – IGF (Multistakehlder Advisory Group - Indonesia Internet Governance Forum), turut menyampaikan bahwa Transformasi Industri 4.0 sangat penting karena banyak berdampak dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya di sektor industri saja. Oleh karena itu, ID IGF mengadakan Diskusi Nasional Industri 4.0 yang diselenggarakan di dalam rangkaian acara Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022.

“Diperlukan dialog antarpemangku kepentingan untuk melihat transformasi industri ini dari berbagai perspektif, semua akan dibahas dalam Diskusi Nasional nanti,” pungkasnya.

Lebbih jauh, Martin Setiawan, Business Vice President Industrial Automation Schneider Electric Indonesia & Timor Leste mengatakan, dalam Indonesia 4.0 Conference & Expo kali ini, pihaknya akan menampilkan solusi teknologi otomasi dan robotik unggulan untuk mendukung akselerasi transformasi sektor industri menuju smart & sustainable industry dengan penerapan otomatisasi universal.

“Indonesia 4.0 Conference & Expo dapat menjadi wadah bagi seluruh pemangku kepentingan di sektor industri untuk menciptakan ekosistem kemitraan kolaboratif yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Mendesak

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, responden yang menginginkan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok dalam survei betul-betul dominan mencapai 42,9%.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf <em>Leaders Declaration</em>

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings