Logo BeritaSatu

Pembentukan Bursa Kripto Indonesia Mendesak, Progresnya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:52 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - CEO Indodax Oscar Darmawan pemerintah perlu segera meresmikan bursa kripto atau Digital Future Exchange (DFX) yang nantinya berfungsi untuk membantu pengawasan transaksi aset kripto agar lebih aman dan dapat melindungi para traders aset kripto.

"Saya optimistis pembentukan bursa ini dapat memajukan ekosistem kripto di Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi,” kata dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/8/2022).

Advertisement

Kondisi pasar aset kripto secara global saat ini sedang tertekan. Setelah sempat mencapai US$ 3 triliun, saat ini kapitalisasi pasar aset kripto turun di bawah US$ 1 triliun. Angka tersebut merupakan pencapaian terendah pertama kalinya sejak Februari 2021.

Oscar berpendapat bahwa saat market bearish seperti ini, merupakan momen tepat untuk mengumpulkan portofolio kripto.

General Counsel PINTU Malikulkusno Utomo ikut serta memberikan pandangannya terhadap pembentukan bursa kripto. “Pembentukan bursa berjangka kripto dapat segera diwujudkan untuk mendorong kemajuan industri kripto di Indonesia, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dapat memberikan keterbukaan informasi, dan perlindungan bagi investor,” katanya.

Ia meyakini lebih tepat apabila bursa kripto tersebut merupakan bursa yang telah melewati rangkaian proses ketat dan memenuhi persyaratan sesuai aturan berlaku.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengungkapkan bahwa pembentukan Bursa Kripto Indonesia hampir rampung. “Intinya sudah mendekati, mudah-mudahan secepatnya tahun ini,” ujarnya.

CEO Upbit APAC Alex Kim yang merupakan bagian dari konsorsium tersebut menuturkan, mitigasi risiko ke lembaga-lembaga yang diatur dan diawasi oleh Bappebti, pada saat kondisi pasar buruk dapat melindungi dana pelaku usaha dan konsumen.

“DFX sebagai calon bursa kripto telah siap beroperasi dan berkontribusi dalam ekosistem industri aset kripto Indonesia, sesuai dengan amanah peraturan perundangan pemerintah khususnya Bappebti. Inilah kenapa kami sangat menyambut dan menantikan finalisasi DFX,” ungkap dia.

Chairwoman Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) Asih Karnengsih mengatakan bear market merupakan hal lumrah dan hanya bersifat sementara. “Bear market terakhir terjadi pada 2018 dan kita sudah tahu bersama apa yang terjadi setelahnya. Momentum ini menjadi proses alami pengeliminasian players yang masuk industri ini hanya karena valuasi semata. Sedangkan the real players semakin fokus pada building dan developing,” katanya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi pasar aset kripto beberapa bulan terakhir ini, yakni Bitcoin (BTC) menunjukkan pergerakan harga terburuk dalam 1 dekade pada kuartal II 2022. Harga BTC yang sempat menyentuh US$ 17.600 pada 18 Juni lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Geram, Warga Bogor Bubarkan Tawuran Pelajar yang Terjadi Tiap Jumat

Geram, Warga Bogor Bubarkan Tawuran Pelajar yang Terjadi Tiap Jumat

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE