Logo BeritaSatu

Pembentukan Bursa Kripto Indonesia Mendesak, Progresnya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:52 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - CEO Indodax Oscar Darmawan pemerintah perlu segera meresmikan bursa kripto atau Digital Future Exchange (DFX) yang nantinya berfungsi untuk membantu pengawasan transaksi aset kripto agar lebih aman dan dapat melindungi para traders aset kripto.

"Saya optimistis pembentukan bursa ini dapat memajukan ekosistem kripto di Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi,” kata dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/8/2022).

Kondisi pasar aset kripto secara global saat ini sedang tertekan. Setelah sempat mencapai US$ 3 triliun, saat ini kapitalisasi pasar aset kripto turun di bawah US$ 1 triliun. Angka tersebut merupakan pencapaian terendah pertama kalinya sejak Februari 2021.

Oscar berpendapat bahwa saat market bearish seperti ini, merupakan momen tepat untuk mengumpulkan portofolio kripto.

General Counsel PINTU Malikulkusno Utomo ikut serta memberikan pandangannya terhadap pembentukan bursa kripto. “Pembentukan bursa berjangka kripto dapat segera diwujudkan untuk mendorong kemajuan industri kripto di Indonesia, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dapat memberikan keterbukaan informasi, dan perlindungan bagi investor,” katanya.

Ia meyakini lebih tepat apabila bursa kripto tersebut merupakan bursa yang telah melewati rangkaian proses ketat dan memenuhi persyaratan sesuai aturan berlaku.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengungkapkan bahwa pembentukan Bursa Kripto Indonesia hampir rampung. “Intinya sudah mendekati, mudah-mudahan secepatnya tahun ini,” ujarnya.

CEO Upbit APAC Alex Kim yang merupakan bagian dari konsorsium tersebut menuturkan, mitigasi risiko ke lembaga-lembaga yang diatur dan diawasi oleh Bappebti, pada saat kondisi pasar buruk dapat melindungi dana pelaku usaha dan konsumen.

“DFX sebagai calon bursa kripto telah siap beroperasi dan berkontribusi dalam ekosistem industri aset kripto Indonesia, sesuai dengan amanah peraturan perundangan pemerintah khususnya Bappebti. Inilah kenapa kami sangat menyambut dan menantikan finalisasi DFX,” ungkap dia.

Chairwoman Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) Asih Karnengsih mengatakan bear market merupakan hal lumrah dan hanya bersifat sementara. “Bear market terakhir terjadi pada 2018 dan kita sudah tahu bersama apa yang terjadi setelahnya. Momentum ini menjadi proses alami pengeliminasian players yang masuk industri ini hanya karena valuasi semata. Sedangkan the real players semakin fokus pada building dan developing,” katanya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi pasar aset kripto beberapa bulan terakhir ini, yakni Bitcoin (BTC) menunjukkan pergerakan harga terburuk dalam 1 dekade pada kuartal II 2022. Harga BTC yang sempat menyentuh US$ 17.600 pada 18 Juni lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI dan Bio Farma Hadirkan Layanan Business Card di Medbiz

BRI memfasilitasi layanan business card di marketplace obat-obatan Medicine Distribution Business Zone atau Medbiz by Bio Farma.

EKONOMI | 30 November 2022

Telkomsel Dorong Peningkatkan Pengalaman Digital Berteknologi Terkini di Indonesia

Pengujian di Danau Toba menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz bisa jadi solusi percepatan ekonomi digital nasional.

EKONOMI | 30 November 2022

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | 56 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE