Logo BeritaSatu

Franchise and License Expo Bidik Produk Lokal Go International

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Panorama Media menyelenggarakan dua pameran yakni Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) dan Retail and Solution Expo Indonesia (RSEI). Kedua pameran yang diselenggarakan serentak di Jakarta Convention Center, November 2022 ini mendorong produk lokal go international.

Project Director PT Panorama Media Royanto Handaya mengatakan antusiasme pelaku waralaba mancanegara melihat potensi pangsa pasar Indonesia pasca-pandemi pada gelaran pameran FLEI 2022 International Series edisi ke-18 Juni 2022 lalu turut berdampak positif bagi pelaku waralaba lokal untuk menginspirasi menembus pasar ASEAN.

“Melihat keberhasilan FLEI edisi ke-18 Juni 2022 sebagai event perdana setelah gelombang ketiga Omicron berakhir, mengawali kebangkitan industri franchise & license Indonesia, FLEI menunjukkan keberanian dalam mempelopori segmen pameran waralaba & peluang bisnis setelah vakum selama 2 tahun terakhir," kata dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/8/2022).

Sejumah peserta pameran Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) ke-19 November 2022 mendatang di antaranya Hong Kong, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Tri Raharjo mengatakan secara historis waralaba selalu pulih dengan baik dari setiap terjadinya penurunan ekonomi. "Permintaan terpendam mendorong pertumbuhan kuat di sektor food and beverage (F&B) dan jasa di seluruh dunia sampai 2-3 tahun mendatang," kata Tri Raharjo.

Dia mengatakan waralaba mampu melewati pandemi lebih baik dibandingkan usaha bisnis lain karena sejumlah faktor seeprti kualitas dan pengalaman kepemimpinan, akses ke modal, skala ekonomi, kesadaran merek/loyalitas dengan ide dan inovasi.

Pada umumnya, perusahaan skala menengah dan besar terimbas pandemi lebih berat dibanding UMKM. Pelaku UMKM lebih lincah menemukan inovasi dan mencoba ide baru. Hal ini yang membuat UMKM lebih tangguh untuk bertahan hidup. Alhasil, UMKM lebih siap melambung tinggi pasca-pandemi.

Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing Levita G. Supit mengatakan waralaba bereaksi cepat mengatasi dampak buruk pandemi dengan ide dan inovasi baru, seperti waralaba kebugaran dan pendidikan menawarkan kelas online. "Paling banyak bermunculan adalah waralaba ritel yang mengembangkan platform online dan cukup berhasil," kata dia.

Dia mengatakan para waralaba ini bukan hanya mampu bertahan hidup di masa pandemi, tetapi membuat usaha menjadi berkembang. "Mampu memanfaatkan sosial media untuk menjangkau konsumen lebih luas, menjadi content provider bagi marketplace untuk memanfaatkan aplikasi dan layanan antar terintegrasi," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Berdasarkan analisa teknikal Pilarmas Investindo Sekuritas, IHSG berpotensi rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Yugen: IHSG Berpeluang Rebound, Simak Saham-saham Ini

Yugen Bertumbuh Sekuritas menyebut potensi tekanan mulai menurun. IHSG berpeluang technical rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Wall Street Akhiri Rentetan Koreksi, Investor Masih Cemas

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (8/12/2022). Investor harap-harap cemas tunggu data inflasi dan pengumuman the Fed.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ririek: Merger Indihome dan Telkomsel Tingkatkan Efisiensi Induk Usaha

Rencana merger Indihome dan Telkomsel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perseroan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Mattel: Industri Mainan Tahan Banting Hadapi Gejolak Ekonomi

Mattel menegaskan bahwa industri mainan termasuk industri yang tahan banting terhadap gejolak ekonomi.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir mengatakan potensi pariwisata lokal menjadi sumber pendapatan besar bagi bangsa yang perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Menkeu Tegaskan KSSK Tidak Boleh Diisi Anggota Parpol

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah tetap teguh menjaga indepedensi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sektor Komoditas Diproyeksikan Jadi Pendorong Pertumbuhan IHSG 2023

Tahun depan, sektor komoditas diperkirakan kembali moncer berkat perang Rusia dan Ukraina yang memicu kenaikan harga-harga.

EKONOMI | 9 Desember 2022

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE