Logo BeritaSatu

Franchise and License Expo Bidik Produk Lokal Go International

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Panorama Media menyelenggarakan dua pameran yakni Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) dan Retail and Solution Expo Indonesia (RSEI). Kedua pameran yang diselenggarakan serentak di Jakarta Convention Center, November 2022 ini mendorong produk lokal go international.

Project Director PT Panorama Media Royanto Handaya mengatakan antusiasme pelaku waralaba mancanegara melihat potensi pangsa pasar Indonesia pasca-pandemi pada gelaran pameran FLEI 2022 International Series edisi ke-18 Juni 2022 lalu turut berdampak positif bagi pelaku waralaba lokal untuk menginspirasi menembus pasar ASEAN.

“Melihat keberhasilan FLEI edisi ke-18 Juni 2022 sebagai event perdana setelah gelombang ketiga Omicron berakhir, mengawali kebangkitan industri franchise & license Indonesia, FLEI menunjukkan keberanian dalam mempelopori segmen pameran waralaba & peluang bisnis setelah vakum selama 2 tahun terakhir," kata dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/8/2022).

Sejumah peserta pameran Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) ke-19 November 2022 mendatang di antaranya Hong Kong, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Tri Raharjo mengatakan secara historis waralaba selalu pulih dengan baik dari setiap terjadinya penurunan ekonomi. "Permintaan terpendam mendorong pertumbuhan kuat di sektor food and beverage (F&B) dan jasa di seluruh dunia sampai 2-3 tahun mendatang," kata Tri Raharjo.

Dia mengatakan waralaba mampu melewati pandemi lebih baik dibandingkan usaha bisnis lain karena sejumlah faktor seeprti kualitas dan pengalaman kepemimpinan, akses ke modal, skala ekonomi, kesadaran merek/loyalitas dengan ide dan inovasi.

Pada umumnya, perusahaan skala menengah dan besar terimbas pandemi lebih berat dibanding UMKM. Pelaku UMKM lebih lincah menemukan inovasi dan mencoba ide baru. Hal ini yang membuat UMKM lebih tangguh untuk bertahan hidup. Alhasil, UMKM lebih siap melambung tinggi pasca-pandemi.

Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing Levita G. Supit mengatakan waralaba bereaksi cepat mengatasi dampak buruk pandemi dengan ide dan inovasi baru, seperti waralaba kebugaran dan pendidikan menawarkan kelas online. "Paling banyak bermunculan adalah waralaba ritel yang mengembangkan platform online dan cukup berhasil," kata dia.

Dia mengatakan para waralaba ini bukan hanya mampu bertahan hidup di masa pandemi, tetapi membuat usaha menjadi berkembang. "Mampu memanfaatkan sosial media untuk menjangkau konsumen lebih luas, menjadi content provider bagi marketplace untuk memanfaatkan aplikasi dan layanan antar terintegrasi," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lawan Brasil, Son Heung-min Ingin Korea Selatan Ciptakan Keajaiban Lagi

Lawan Brasil, Son Heung-min Ingin Korea Selatan Ciptakan Keajaiban Lagi

SEMESTA BOLA 2022 | 59 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE