Logo BeritaSatu

Kendaraan Otonom Wujudkan Sistem Transportas Cerdas

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 06:45 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom (autonomous vehicle/AV) merupakan moda transportasi masa depan yang akan menjadi bagian sistem transportasi cerdas (intelligent transport system/ITS). Kendaraan ini rencananya akan diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kendaraan ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya, tepat waktu, konsumsi bahan bakar hemat hingga 15%, mengurangi emisi karbon, mengatasi kemacetan, dan mengurangi kecelakaan akibat kelalaian manusia (human error) hingga 40%," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada webinar Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia: Peluang serta Tantangannya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/8/2022).

Budi mengatakan dengan sejumlah keunggulannya tersebut, pemerintah ingin mengoperasikan kendaraan otonom di kawasan IKN. "Hal ini sejalan dengan konsep IKN, yakni green and smart city yang mengutamakan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dan ramah lingkungan," kata dia.

Meski begitu masih ada sejumlah tantangan dalam mewujudkan kendaraan otonom sebagai bagian sistem transportasi nasional. Di antaranya, kesiapan jalan, kondisi lingkungan, jaringan internet, regulasi teknis terkait laik jalan, termasuk pelaksanaan uji kendaraan. Pemerintah kata dia, tengah mematangkan regulasi terkait kendaraan otonom. "Untuk mewujudkan AV menjadi bagian sistem transportasi nasional, pemerintah membutuhkan kolaborasi akademisi dan kalangan swasta," kata Menhub.

Sementara dalam sambutan pembukanya, Direktur PT Jababeka Tbk Suteja Sidarta Darmono menegaskan, pihaknya siap mendukung kehadiran kendaraan otonom di Indonesia. Jababeka saat ini tengah mengembangkan Jababeka Silicon Valley atau Correctio lewat kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indogen Capital dan PT Bisa Artifisial Indonesia (BISA AI). "Jababeka mengembangkan Correctio dengan dukungan tiga pilar, yakni Industry 4.0, Society 5.0, dan Transit Oriented Development (TOD)," kata dia.

Menurut Staf Utama Menteri Perhubungan bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, Irjen Pol (Purn) Budi Setiyadi, ada lima elemen yang menentukan perkembangan kendaraan bermotor, yakni persepsi, lokalisasi, perencanaan, kendali kendaraan (vehicle control/driver control) dan sistem manajemen.

Menurut Budi Setiyadi, selain memiliki kelebihan, kendaraan otonom juga ada kekurangan, yakni teknologinya masih mahal. Mengingat kendaraan ini dikendalikan komputer, ada potensi penyadapan. “Dalam konteks Indonesia, masih banyak penduduk yang menggantungkan hidupnya dengan menjadi pengemudi. Semakin banyak kalangan yang memakai kendaraan otonom, ini berpotensi meningkatkan angka pengangguran,” papar Budi Setiyadi.

Baca selanjutnya
Di Indonesia, saat ini kendaraan otonom berbasis tenaga listrik telah hadir ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

259 Saham Naik, IHSG Menguat 11 Poin ke 7.086 di Sesi Siang

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 138,3 miliar saham senilai Rp 10,4 triliun.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kuartal III, Nilai Barang Resi Gudang Tembus Rp 1 Triliun

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat nilai barang yang masuk dalam resi gudang mencapai Rp 1,040 triliun sampai dengan kuartal III 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Standarisasi Operasi MEPS Pelindo Group 124% dari Target

PT Pelindo Jasa Maritim menyatakan standarisasi operasi MEPS (marine, equipment and port services) sudah mencapai 124% dari target 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Jokowi: Ekonomi Kreatif Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Warga

Jokowi mengatakan, ekonomi kreatif (ekraf) menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Presiden Jokowi: Ekraf Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Presiden Jokowi optimistis di sektor ekraf semakin diperhitungkan untuk menjadi tulang punggung ekonomi, baik di Indonesia juga berbagai negara di dunia.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Setengah Jam Perdagangan, Rupiah Melemah ke Rp 14.200-an

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.198- Rp 15.208 per dolar AS.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

16 Menit Perdagangan, IHSG Naik 54,2 Poin Menjadi 7.125

Pukul 09.16 WIB, IHSG naik 54,2 poin (0,78%) menjadi 7.125 dan Investor33 naik menjadi ke 498,1.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

SPAM Kalsel Ditargetkan 74.402 SR dengan Investasi Rp 93 M

SPAM Banjarbakula di Kalsel akan memperluas layanan air minum dari 43.402 sambungan rumah menjadi 74.202 SR pada 2024.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

IHSG Berpeluang Konsolidasi, Pantau BBRI, GOTO, ADRO, MIKA

Indikator IHSG berada di area oversold & closing di atas 5-Day MA. IHSG berada dalam tren bearish selama di bawah 7.148.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Jokowi Buka Konferensi Ke-3 Ekonomi Kreatif 2022 di Bali

Jokowi akan meresmikan pembukaan konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) tahun 2022 di Bali.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erik ten Hag Akui Ronaldo Tak Senang Tidak Bermain Reguler

Erik ten Hag Akui Ronaldo Tak Senang Tidak Bermain Reguler

BOLA | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings