Logo BeritaSatu

OJK: Perlu Kolaborasi Tingkatkan Literasi Keamanan Digital Perbankan

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 14:04 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Horas V.M. Tarihoran menyampaikan, untuk meningkatkan literasi keamanan digital perbankan, OJK tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan sektor jasa keuangan seperti perbankan dan juga dengan media.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2019 menunjukkan, indeks inklusi keuangan mencapai 76,9%, sementara indeks literasi keuangan baru mencapai 38,03%. Masih rendahnya indeks literasi keuangan ini membuat masyarakat kita rentan menjadi korban kejahatan siber.

“Di dunia keuangan kita, banyak yang tidak sadar dengan keamanan siber. Indeks literasi keuangan kita di 2019 baru 38,03%,” kata Horas V.M. Tarihoran dalam workshop “Literasi Keamanan Digital Perbankan, Peduli Lindungi Data Pribadi” yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Bank Negara Indonesia (BNI), Jumat (19/8/2022).

Karenanya, peningkatan literasi keuangan melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi hal yang penting. Apalagi diakui Horas, peningkatan literasi keuangan juga menghadapi sejumlah tantangan seperti kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan, akses internet yang belum merata di seluruh Indonesia, terdapat gap indeks literasi keuangan di wilayah pedesaan dan perkotaan, tingkat pendidikan dan perekonomian masing-masing wilayah di Indonesia berbeda, serta masih ada 21 provinsi yang indeks literasinya di bawah indeks literasi nasional.

Upaya peningkatan literasi keamanan digital perbankan salah satunya sudah dilakukan oleh Bank Negara Indonesia (BNI). Pemimpin Divisi Manajemen Risiko Bank BNI Rayendra Minarsa Goenawan mengatakan, pihaknya telah bersinergi dengan regulator baik OJK maupun Bank Indonesia (BI) untuk meningkatkan literasi digital dan juga literasi keuangan masyarakat, sehingga tidak menjadi korban kejahatan siber di era keuangan digital.

Baca selanjutnya
“Perlindungan terkait dengan adanya inovasi digital ini tidak hanya dilakukan oleh ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Sempat Anjlok 135 Poin, IHSG Ditutup Melemah Tipis

Sempat anjlok 135 poin, IHSG akhirnya ditutup hanya turun sekitar 14,52 poin (0,21%) menjadi 6.804,23.

EKONOMI | 8 Desember 2022

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Ini Upaya PNM Dorong Pengembangan Talenta Perusahaan

PT PNM menggelar Innovation Festival (I-Fest) 2022 untuk memberikan semangat inovasi, kolaborasi, serta mengembangkan talenta perusahaan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

NEWS | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE