Logo BeritaSatu

Sejahterakan Petani, Bank BJB Raih Penghargaan dari Kementan

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian (Kementan) karena mendukung perekonomian daerah salah satunya melalui pembiayaan kepada sektor pertanian. Penghargaan kepada bank bjb diberikan pada Rabu, 17 Agustus 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.

Selain itu, Kelompok Tani Sariasih Petani Milenial yang merupakan binaan UMKM bank bjb diundang ke Istana Negara pada acara penghargaan kepada Presiden dari Directorate General International Rice Research Institute (DG IRRI) dalam program Ketahanan Pangan Nasional beberapa waktu lalu.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, bank bjb mendukung sektor pertanian karena merupakan salah satu sektor penting terutama dalam menjaga ketahanan pangan. "Bank bjb mendukung melalui pembiayaan dengan pola kemitraan yang menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku sektor pertanian," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/8/2022).

Penghargaan dari Kementan ini menambah eksistensi bank bjb dalam pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan petani. Bukan hanya di daerah Jawa Barat dan Banten, tetapi di kancah nasional. “Bank bjb ingin masyarakat Indonesia khususnya petani dapat sejahtera dan membanggakan Indonesia," ujar Widi.

Pola kemitraan yang dibangun bank bjb atas dasar prinsip saling memperkuat, dan menguntungkan yang melibatkan pelaku UMKM dengan pengusaha besar. Sehingga prinsip keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama bisa tercapai.

Salah satu contoh sukses mitra yang bekerja sama pada pembiayaan pola kemitraan adalah Art Garden, perusahaan di bidang budidaya tanaman hias milik seorang anak muda bernama Riki Subagja.

Perusahaan yang berdomisili di Parongpong, Bandung Barat ini merangkul petani tanaman hias di sekitarnya untuk berbudidaya komoditas tanaman dengan standar ekspor. Melalui kerja sama kemitraan dengan petaninya, Art Garden mampu mengekspor tanaman hias ke Amerika Serikat dan Kanada. Bahkan akan melakukan pameran di Miami Amerika Serikat pada Oktober mendatang.

Dengan kerja sama kemitraan dengan pembiayaan dari bank bjb, Art Garden kini membina 25 orang mitra petani untuk dapat berbudidaya tanaman hias yang dapat memenuhi pasar ekspor.

"Melalui pola kemitraan dari bank bjb, para petani tidak lagi berbudidaya secara konvensional, tetapi mampu meningkatkan value dari komoditas yang dibudidayakan yang harapan besarnya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani," kata Widi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan Jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022

Bapanas: Impor Beras Pilihan Terakhir

Kepala Bapanas/NFA Arief Prasetyo Adi menegaskan, dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri, penyerapan beras dari petani harus menjadi prioritas utama.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE