Logo BeritaSatu

Rektor IPB Ungkapkan Pentingnya Konsep One Health

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:49 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Rektor IPB Arif Satria mempertegas pentingnya pembentukan Fakultas Kedokteran di IPB University sebagai bagian dari konsep one health pascapandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam rangkaian acara Reuni 25 Tahun IPB Kr34tif, yang digelar 20-21 Agustus 2022 di Baranangsiang, Bogor.

“Hari ini banyak penyakit yang muncul akibat penularan dari hewan ke manusia. Untuk itu, diperlukan konsep one health yang tidak hanya fokus pada kesehatan manusia saja, tapi harus bisa memadukan kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan sebagai konsep terintegrasi. Untuk itulah, IPB membentuk Fakultas Kedokteran untuk melengkapi apa yang sudah dirintis dan dikerjakan selama ini," jelasnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Arif menambahkan bahwa dirinya dipanggil oleh Menteri Kesehatan terkait dengan masuknya satu kasus cacar monyet di Jakarta. IPB sendiri memiliki satu dari dua laboratorium di Indonesia yang memiliki kemampuan untuk tes PCR monkeypox.

“Saya sehabis ini menghadap Menkes untuk membahas kasus cacar monyet pertama di Indonesia. Namun, saya sempatkan untuk hadir untuk membuka reuni perak angkatan 34 terlebih dahulu, karena inilah angkatan reformasi yang masuk ke IPB pada tahun 97. Saya berharap banyak, agar angkatan ini terus guyub membangun negeri," tegasnya.

Peduli dan Berbagi

Acara Reuni 25 Tahun IPB Kr34tif atau yang kerap disebut Angkatan 34 di lingkungan IPB University itu, digelar dalam dua kegiatan. Pertama, di dalam IPB International Convention Center (IICC), pada Sabtu (20/8).

Kemudian hari kedua di pelataran Lawang Salapan, kawasan Tugu Kujang, Baranangsiang, Bogor, pada Minggu (21/8).

Ketua Panitia Reuni, Kiman Siregar menyebutkan bahwa selain sebagai sarana silaturrahmi, acara reuni perak ini dimaksudkan untuk sarana berbagi dan meningkatkan rasa peduli.

“Alhamdulillah, sekitar 500an kawan-kawan alumni dari berbagai daerah bisa hadir. Selain sebagai ajang silaturahmi, reuni ini juga memberikan beasiswa sebagai bentuk kepedulian terhadap mahasiswa maupun putra-putri dari Angkatan 34 yang telah wafat," jelas Kiman.

Bila di IICC pembukaan reuni secara resmi dilakukan oleh Rektor IPB University dan dihadiri Ketum Himpunan Alumni IPB, pada rangkaian hari kedua, kegiatan berbagi alumni IPB 34 dilaksanakan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto yang juga alumni IPB 34.

Bima Arya dan Atang Trisnanto turun langsung membagikan 400 tas berisi produk-produk L'Oreal sebagai sponsor utama reuni kepada masyarakat yang sedang berolahraga Minggu pagi.

“Jadi acara Reuni 25 Tahun IPB Kr34tif (baca: Kreatif, red) ini digelar dengan berbagai kegiatan positif. Tentunya, kami berharap dapat terus berkontribusi ke masyarakat dengan aksi-aksi kreatif dan positif, salah satunya dengan program peduli dan berbagi”, ungkap Kiman.

Angkatan 34 IPB adalah mahasiswa yang masuk ke IPB pada tahun 1997, tepatnya 34 tahun setelah IPB berdiri pada tahun 1963. Perlu diketahui, alumni Kr34tif ini merupakan para mahasiswa dan mahasiswi yang pada saat kuliah mengalami beberapa masa rezim pemerintahan dan peristiwa bersejarah penting di Indonesia.

"Angkatan kami mengalami 4 masa sekaligus. Era Soeharto, Habibie, Gusdur, dan Megawati. Ada yang masuk kuliah di era Soeharto, lalu wisuda di masa Megawati bahkan ada yang di era SBY. Tapi rata-rata alumni Kr34tif pada sukses, baik di dunia kerja maupun usaha," ungkap Humas Reuni, Angiola Harry.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan Jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022

Bapanas: Impor Beras Pilihan Terakhir

Kepala Bapanas/NFA Arief Prasetyo Adi menegaskan, dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri, penyerapan beras dari petani harus menjadi prioritas utama.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 17 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE