Logo BeritaSatu

Binance Adopsi Pendekatan Pengguna untuk Optimalkan Keamanan Kripto

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:26 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Platform kripto Binance mengadopsi pendekatan yang mengutamakan pengguna untuk menyempurnakan sistem keamanan kripto pada sistem mereka.

Secara konsisten Platform Binance memprioritaskan perlindungan pengguna melalui sejumlah langkah keamanan mutakhir dan undang-undang privasi data yang ketat karena pengguna adalah pondasi ekosistem Binance.

Advertisement

"Perlindungan itu terdiri dari sistem manajemen risiko komprehensif, pemantauan real-time, dan solusi privasi data mutakhir. Langkah keamanan di tingkat pengguna itu diperlukan untuk memastikan keamanan kripto antara lain akses masuk aman, kemampuan kendali akses, dan notifikasi keamanan," tulis Binance dalam keterangan pers, Selasa (23/8/2022).

Selain sejumlah pendekatan yang mengutamakan pengguna, Binance juga menerapkan sejumlah upaya untuk menjamin keamanan tingkat pengguna, antara lain sistem peringatan cepat jika ada aktivitas mencurigakan, kebijakan login ketat, dan sejumlah langkah keamanan terkait keikutsertaan pengguna.

Binance menyertakan fitur masa jeda yang menghentikan perdagangan derivatif, sehingga pengguna dapat menahan diri dari perdagangan kompulsif setelah mengalami kerugian beruntun.

Fitur itu dapat diakses untuk perdagangan margin, yang memungkinkan penangguhan aktivitas seperti peminjaman dan perdagangan isolated atau cross-margin. Platform tersebut juga menghadirkan berbagai konten yang dibuat pengguna, artikel bantuan, indikasi likuidasi deleveraging otomatis, dan tes pengetahuan klien.

"Tingkat keamanan siber tertinggi harus dipertahankan seiring makin rentannya industri kripto. Binance pun mengambil langkah itu demi mempertahankan komitmennya terhadap keselamatan pengguna dengan mengadopsi pendekatan yang mengutamakan pengguna," tambah Binance.

Pengguna juga harus mengutamakan langkah keamanan dengan cara menjaga keamanan perangkat dan lakukan riset pribadi tentang kripto yang Anda gunakan untuk bertransaksi.

Keamanan Kripto

Sebagai sistem pembayaran digital, mata uang kripto tidak bergantung pada bank untuk memeriksa dan memverifikasi transaksi, melainkan menggunakan jaringan peer-to-peer yang memungkinkan siapa saja, di mana saja, untuk mengirim dan menerima pembayaran.

Sistem itu menggunakan enkripsi untuk memverifikasi transaksi, dengan maksud memberikan keamanan dan keselamatan tambahan.

Sama seperti sistem tradisional, jaringan blockchain tidak terbebas dari potensi hambatan. Kendati demikian, terdapat alat yang memungkinkan siapa saja mencari data transaksi, misalnya lokasi, waktu, dan kuantitas mata uang kripto yang dikirim dari alamat dompet pengguna.

Sebagai contoh kasus, baru-baru ini sebuah automated market maker (AMM), Wine Swap, terlibat dalam exit scam. Kemudian tim keamanan Binance dapat memulihkan sekitar 99,9 persen dari bitcoin yang dicuri senilai hampir 345.000 dolar AS.

Builder komunitas platform, Binance Angels juga memegang peran penting dalam menggalang uang untuk operasi pemulihan. Organisasi sukarelawan itu membantu seorang pengguna memulihkan 98.000 USDC dana yang secara tidak sengaja dikirim ke alamat yang salah.

Meskipun elemen transparansi dalam transaksi mata uang kripto serta jaringan blockchain hadir untuk menaklukkan potensi ketidakamanan, namun masih ada kebutuhan untuk mengadopsi sejumlah langkah keamanan yang ketat.

Sejumlah langkah keamanan tingkat lanjut, penyimpanan uang offline, pemantauan aktivitas secara real-time, dan enkripsi data adalah beberapa inisiatif keamanan platform utama Binance.

"Inisiatif keamanan itu memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki akses ke informasi pribadi mereka. Inisiatif tersebut juga menganalisis aktivitas pengguna melalui sistem manajemen risiko Binance jika terjadi aktivitas tak terduga pada akun," demikian bunyi laporan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahasiswi Cianjur Tewas Ditabrak, BEM FH Unsur Tuntut Polisi Tangkap Pelaku

Mahasiswi Cianjur Tewas Ditabrak, BEM FH Unsur Tuntut Polisi Tangkap Pelaku

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE