Logo BeritaSatu

Harga BBM Akan Naik, SiCepat Perkuat Armada Motor Listrik

Kamis, 25 Agustus 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah imbauan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) untuk mengerek harga operasional hingga 10% sebagai antisipasi harga BBM naik, perusahaan ekspedisi SiCepat Ekspres fokus mengalihkan armada motornya menjadi listrik.

Chief Executive Officer (CEO) SiCepat Ekspres, The Kim Hai, menegaskan bahwa saat ini SiCepat belum berencana untuk menaikkan ongkos pengiriman paket. “Keputusan ini didukung inovasi SiCepat melakukan langkah efisiensi operasional melalui pengalihan kendaraan operasional motor bensin menjadi motor listrik secara bertahap,” ungkap Kim dalam keterangan tertulisnya Kamis (25/8/2022).

Advertisement

Dia mengatakan, pemanfaatan electric vehicle (EV) atau kendaraan lsitrik merupakan langkah diversifikasi SiCepat Ekspres agar tidak bergantung pada sumber energi fosil dalam menjalankan kegiatan operasional. Dari sisi operational cost, pemanfaatan kendaraan listrik membuat SiCepat hemat bahan bakar hingga Rp 9 miliar. Perusahaan memproyeksi hingga akhir tahun 2022, biaya maintenance motor lebih hemat Rp 71 miliar. "Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalisir potensi dampak operasional dari rencana kenaikan harga BBM," kata Kim.

Untuk memudahkan kurir SiCepat mengirim paket menggunakan motor listrik, perusahaan berkerja sama dengan Volta yang menyediakan infrastruktur Sistem Ganti Baterai (SGB) di 181 titik Jabodetabek, Semarang, dan Bali. Inisiatif ini merupakan upaya pembangunan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi.

Dalam satu kali pengisian baterai, motor listrik Volta mampu menempuh jarak 60 km. Lalu untuk mengisi ulang daya baterai, kuris SiCepat yakni SiGesit cukup menukarkan baterai yang habis dengan baterai baru di mesin SGB. Terlebih, SiCepat menyediakan mesin SGB di lokasi di gerai. Sehingga, kurir dengan mudah mengakses SGB untuk penukaran baterai.

Direktur PT Volta Indonesia Semesta Willty Awan memaparkan bahwa kendaraan lisrik pada bisnis logistik dapat menjadi solusi di tengah rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. “SiCepat telah melakukan inovasi strategis dan terbukti bahwa produk EV menjawab kebutuhan operasional," kata dia.

Motor listrik Volta 401 dapat mengangkut beban hingga 200 kg dan minim biaya maintenance, terutama baterai, karena menggunakan Sistem Ganti Baterai.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MettaDC dan APJII Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Digital

MettaDC dan APJII Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Digital

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE