Logo BeritaSatu

BP2MI Gandeng Great Edu Tingkatkan Soft Skill Pekerja Migran

Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:28 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bertepatan dengan momen HUT ke-77 RI, PT Greatedu Global Mahardika (Great Edu) bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar pelatihan peningkatan soft skill dan bahasa asing bagi calon pekerja migran Indonesia (CPMI).

Chief Executive Officer (CEO) Great Edu, Ade Irma Setya Negara mengatakan, meningkatnya soft skill dan bahasa asing calon pekerja migran sebelum berangkat, tentu akan berdampak positif bagi kualitas pekerjaan mereka di negara penempatan.

"Harapannya pada masa depan tidak ada lagi PMI yang bekerja tidak sesuai dengan ketrampilan yang dimilikinya," kata Ade Irma Setya Negara dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/8/2022).

Menurut Irma, selama ini, permintaan dari luar negeri terhadap pekerja migran asal Indonesia sangat tinggi. Di sisi lain, keterampilan yang dimiliki PMI kurang memadai terkadang menjadi hambatan.

"Misalnya, terkendala bahasa, akses informasi, dan kompetensi. Akibat kurangnya soft skill dan kemampuan bahasa asing dapat merugikan PMI,” imbuhnya.

BP2MI Gandeng Great Edu Tingkatkan <em>Soft Skill</em> Pekerja Migran
PT Greatedu Global Mahardika (GreatEdu) bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar pelatihan peningkatan soft skill dan bahasa asing bagi calon pekerja migran Indonesia (CPMI).

Irma menambahkan, setiap negara penempatan memiliki standar yang harus dipenuhi oleh para PMI. "Jika PMI yang berangkat sudah menguasai bahasa negara penempatannya, tentunya proses untuk beradaftasi serta mendapatkan haknya akan lebih mudah," tutur Irma.

Sementara itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani, mengatakan, peningkatan skill merupakan amanat dari Undang-undang (UU). Lahirnya PMI berketerampilan tinggi, juga akan mengurangi potensi terjadinya penipuan kepada PMI oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Kita akan terus mengupayakan agar PMI merupakan tenaga kerja yang profesional dan kompeten sebagaimana amanat UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia," ujar dia.

Benny menambahkan, nantinya para CPMI yang ikut pelatihan mendapat sertifikat. "Mereka juga akan kita berikan bonus berupa pelatihan bahasa dan pelatihan soft skill agar dalam proses pekerjaannya lebih mudah di negara penempatan," jelas Benny.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemilu 2024, Kapolri Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Pemilu 2024, Kapolri Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings