Logo BeritaSatu

Pembina Samsat Nasional Revitalisasi Pelayanan Samsat

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:19 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Pembina Samsat Nasional secara rutin menggelar rapat koordinasi, bersama jajaran Korlantas Polri, PT Jasa Raharja, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Ditjen Keuangan Daerah.

Agenda tahunan ini, penting untuk dilaksanakan guna menyamakan persepsi lintas instansi yang tergabung dalam pengelolaan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Setiap tahunnya, agenda tersebut membahas strategi dan kebijakan terkait kesamsatan, guna meningkatkan pelayanan dan kepatuhan masyarakat dalam melakukan registrasi ulang kendaraan bermotor.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono, mengatakan perkembangan zaman yang penuh dengan ketidakpastian, selalu menguji kemampuan untuk beradaptasi dan agile. Tuntutan untuk survive dan terus tumbuh secara berkelanjutan, menjadi tantangan tersendiri dalam melayani masyarakat.

"Sebagai pelayan publik, sudah tugas kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk kehadiran Negara dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa,” ujar Rivan, dalam keterangan persnya, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Rivan, kehadiran Sekretariat Bersama Pembina Samsat Tingkat Nasional, adalah salah satu bentuk adaptasi, guna mengantisipasi tantangan ke depan yang lebih berat. Wadah tersebut, tak hanya mempererat hubungan lintas instansi
dalam kesamsatan, namun juga memudahkan koordinasi pembina samsat dalam mengambil keputusan strategis terkait pelayanan publik.

"Tentunya kita tidak bisa berdiri sendiri. Kolaborasi, komunikasi, dan koordinasi antar instansi yang tergabung dalam Kantor Bersama Samsat harus terus dilakukan,” kata Rivan.

Rivan menilai, Rakornas Pembina Samsat Nasional, menjadi momentum yang baik untuk dapat menyamakan pandangan dan persepsi guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Salah satu yang harus mendapat atensi serius, lanjutnya, yakni terkait masih adanya perbedaan data kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masing-masing instansi pembina samsat.

Data potensi kendaraan selama tahun 2016-2021, misalnya, tercatat dalam data Polri sebanyak 143 juta potensi kendaraan, sedangkan pada data Kementerian Dalam Negeri sebanyak 122 juta dan data pada Jasa Raharja sebanyak 103 juta.

Rivan berpandangan, perbedaan yang cukup signifikan itu, akan menjadi penghambat. Maka dari itu,Jasa Raharja mendukung adanya program sinkronisasi terkait registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. "Hal tersebut tentunya memberikan dampak yang baik, karena masing-masing tim pembina, akan memiliki database yang lebih akurat dan kredibel,” ujar Rivan.

Baca selanjutnya
Menurut Rivan, perbaikan data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, dapat terwujud, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Pemerintah Waspadai Dampak Kebijakan The Fed

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, gejolak perekonomian global bisa terjadi karena The Fed masih akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2023 nanti.

EKONOMI | 29 November 2022

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Menang, AS dan Inggris ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Menang, AS dan Inggris ke 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE