Logo BeritaSatu

Kisruh Harga BBM, Rektor UI Tawarkan Konsep “The Golden Mid-Way”

Minggu, 28 Agustus 2022 | 17:33 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menawarkan konsep “The Golden Mid-Way” untuk menyiasati krisis energi yang memunculkan potensi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Indonesia. Konsep itu, menurut Ari, terdiri dari menaikkan harga BBM bersubsidi berkisar 30-40 persen.

Hal itu disampaikan Ari dalam webinar Moya Institute bertajuk “Kenaikan BBM Apakah Suatu Keharusan?” di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

“Bisa juga dengan melakukan penyekatan distribusi, sehingga subsidi BBM benar-benar menyasar segmen masyarakat yang tepat dan berhak,” kata Ari melalui keterangan yang diterima Beritasatu.com, Minggu (28/8/2022).

Ari Kuncoro juga menilai istilah kaya, menengah, dan miskin adalah terminologi masa lalu yang kurang relevan dengan kondisi saat ini. Sebab, faktanya mereka semua berada dalam satu “kolam”, yakni pendapatan produksi.

“Pendapatan produksi ini adalah suatu siklus, yakni pendapatan seseorang merupakan hasil dari produksi dia pada orang lain, demikian juga sebaliknya. Berarti, mulai dari kelas masyarakat bawah hingga kaya, saling terkait,” kata Ari.

Menurut Ari, pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh konsumsi yang salah satunya adalah turisme.

“Persoalannya, pertumbuhan ekonomi ini juga didukung oleh subsidi BBM. Subsidi BBM menjadi permasalahan bagi keuangan negara ketika harga minyak dunia naik hingga di atas US$ 100 per barel,” kata Ari.

Pada kesempatan sama, pemerhati isu-isu strategis Imron Cotan menyatakan konsep “The Golden Mid-Way” yang dikemukakan rektor UI sangat masuk akal. Imron mengatakan saat ini harga minyak dunia yang naik secara drastis pascakonflik Rusia-Ukraina, memang membuat harga BBM bersubsidi perlu ditinjau kembali.

“Konsep yang dikemukakan rektor UI dengan menaikan harga BBM bersubsidi berkisar 30-40 persen, untuk menyokong turisme dan UMKM merupakan hal tepat. Semoga pemerintah mendengarkan hal ini,” kata Imron.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Moya Institute Hery Sucipto mengatakan banyak pihak yang menilai subsidi BBM ini tidak tepat sasaran. Sejatinya, menurut Hery, persoalan BBM ini muncul saat ini merupakan dampak dari konflik Rusia-Ukraina.

“Dibutuhkan pencerahan-pencerahan agar kita arif dalam menyikapi krisis energi ini, serta opsi yang akan diambil pemerintah, maka Moya Institute merasa berkepentingan mengangkat tema tersebut dalam Webinar kali ini,” ujar Hery.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meski Tertekan, Industri Penerbangan Tak Boleh Abaikan Pelayanan

Persoalan yang mengimpit industri penerbangan membuat sejumlah maskapai lalai pada aspek pelayanan. Sebut saja kasus Aris Lasso yang ditinggal Batik Air. 

EKONOMI | 30 November 2022

Rupiah Melemah Mendekati Kisaran Rp 15.800

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Rabu (30/11/2022) terpantau melemah ke kisaran Rp 15.745.

EKONOMI | 30 November 2022

Reformasi Perpajakan Sumbang Penerimaan Negara, Berapa?

Kemenkeu sebut implementasi reformasi perpajakan menambah penerimaan pajak hingga Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dibuka Menguat di Tengah Koreksi Bursa Asia

IHSG dibuka melemah 15,67 poin (0,22%) di posisi 6.996,39 pada perdagangan sesi I, Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

Tingkatkan Penerimaan Pajak 2023, DJP Fokus ke Orang Kaya dan Ekonomi Digital

Tingkatkan penerimaan pajak, DJP prioritas pengawasan atas WP high wealth individual berserta WP grup dan ekonomi digital.

EKONOMI | 30 November 2022

Wall Street Melemah 3 Hari Berturut-turut, Pasar Tunggu Pidato Powell

S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup lebih rendah untuk sesi ketiga berturut-turut Wall Street pada hari Selasa (29/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG dinilai sejumlah analis, akan kuat menghadapi isu rencana kenaikan Fed Fund Rate (FFR) serta adanya demonstrasi di Tiongkok.

EKONOMI | 30 November 2022

Serikat Pekerja Asuransi Jiwasraya Tolak Di-PHK

Kementerian BUMN disebut berencana untuk menutup bisnis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada semester I-2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Pendidikan Luar Negeri Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi RI

British Council mengatakan bahwa Indonesia bisa mencetak SDM unggul lewat pendidikan luar negeri. Ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 30 November 2022

Apindo: Kenaikan UMP Berdampak Buruk bagi Kelangsungan Usaha

Ditambah dengan kenaikan UMP yang cukup tinggi, Apindo melihat dampak buruk bagi kelangsungan kerja khususnya bagi industri padat karya.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE