Logo BeritaSatu

BNI dan LPEI Dorong UMKM Jatim Berorientasi Ekspor

Kamis, 1 September 2022 | 10:07 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Surabaya, Beritasasatu.com- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank dengan Bank BNI berkolaborasi sebagai bentuk sinergi kelembagaan dalam meningkatkan kapasitas UMKM berorientasi ekspor khususnya di Jawa Timur melalui pelatihan pendampingan ekspor yaitu Coaching Program for New Exporter (CPNE). Pelatihan yang berlangsung di Gedung BNI Surabaya baru-baru ini diikuti 100 UMKM Jawa Timur dari sektor usaha industri makanan dan minuman, kerajinan, furnitur, hingga garmen.

Dalam sambutannya Wakil Pimpinan BNI Wilayah 06, Herry Prianto menyampaikan apreasiasi atas sinergi yang terjalin dan terselenggaranya pelatihan CPNE ini. "Sinergi ini merupakan komitmen BNI mendukung pemerintah mendorong ekspor nasional. Dalam hal ini kami menggandeng LPEI agar UMKM Jawa Timur dapat ditingkatkan kapasitasnya, selain bankable tetapi juga kualitasnya," ungkap dia dalam keterangan resmi, Kamis (1/9/2022).

Sinergi ini merupakan realisasi Perjanjian Kerja Sama LPEI dengan Bank BNI yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu oleh Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah BNI Muhammad Iqbal dengan Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U. Norhadi dan Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan LPEI Chesna F. Anwar. "Kerja sama antar dua institusi ini bertujuan meningkatkan kapasitas IKM dan UMKM dalam rangka mendorong ekspor nasional," kata dia.

Pelatihan ini membekali UMKM dengan berbagai dasar pengetahuan seputar digital marketing, korespondensi dengan calon buyer dari luar negeri hingga kiat menggali manfaat produk yang dimiliki guna meningkatkan nilai tambah produk tersebut.

Secara terpisah disampaikan Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso bahwa program CPNE sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas.

"Pelatihan CPNE diluncurkan untuk merespons kebutuhan UMKM yang ingin menembus pasar global tetapi terkendala dengan akses informasi maupun pelatihan. Oleh karena itu CPNE hadir untuk menciptakan eksportir baru dan bankable," ujar Riyani.

LPEI akan membuat program yang selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan ekspor nasional tak terkecuali dalam mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar bisa naik kelas, melalui penyaluran pembiayaan, penjaminan dan asuransi ekspor serta jasa konsultasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkomsel Dorong Peningkatkan Pengalaman Digital Berteknologi Terkini di Indonesia

Pengujian di Danau Toba menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz bisa jadi solusi percepatan ekonomi digital nasional.

EKONOMI | 30 November 2022

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022

KB Bukopin Dapat Restu Right Issue 120 Miliar Saham

PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) meraih persetujuan terkait penambahan modal melalui right issue dengan menerbitkan 120 miliar lembar saham.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE