Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kemendag Dukung Implementasi SIAP QRIS di Pusat Perbelanjaan

Jumat, 2 September 2022 | 21:41 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FER
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (batik kuning) didampingi Deputi Gubernur BI Doni P Joewono (batik hijau) meresmikan peluncuran SIAP QRIS di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 2 September 2022.

Jakarta Beritasatu.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung peluncuran Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (SIAP) QRIS di mal dan pusat perbelanjaan. Selain menyasar segmen menengah ke atas, SIAP QRIS juga mendorong ekosistem pembayaran digital di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat menghadiri peluncuran SIAP QRIS di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

"SIAP QRIS ini dapat memberikan daya dukung atau daya dorong yang luar biasa untuk digitalisasi di Indonesia. Kami, dari Kemendag selalu siap memberikan support, dukungan dan bersinergitas dengan BI untuk memastikan SIAP QRIS ini dapat disosialisasikan dan juga diimplementasikan dengan baik,” kata Jerry Sambuaga.

Ia mengharapkan QRIS kali ini bisa mendorong para pelaku usaha sektor ritel dan pusat perbelanjaan, khususnya di wilayah DKI Jakarta untuk memanfaatkannya secara optimal. Sebab, DKI Jakarta merupakan pionir kemajuan teknologi perdagangan di Indonesia.

Menurut Wamendag Jerry, para peritel, baik yang berdiri sendiri maupun yang berada di pusat perbelanjaan atau mall memiliki kontribusi penting dalam mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga merupakan salah satu faktor pendorong tertinggi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kontribusinya mencapai 51,47% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Karena itu, lanjut Jerry, peluncuran SIAP QRIS di mal-mal yang telah dilakukan BI, yaitu di Sarinah dan Pondok Indah Mal pada akhir Agustus 2022, merupakan langkah dan strategi yang tepat untuk meraih segmen menengah ke atas agar lebih banyak lagi menggunakan QRIS.

Berdasarkan data yang diperolehnya, tahun 2022 ini, penerapan SIAP QRIS telah ada di 190 pasar dan mal. Hal ini menunjukkan betapa gencarnya BI bersama Kemendag untuk memastikan pembayaran digital dilakukan dengan baik.

"Kami tentu siap menggunakan segala instrument yang kami miliki, dan tentunya menggandeng pemerintah daerah, baik kabupaten, kota maupun provinsi,” tukas Jerry Sambuaga.

Dalam acara yang sama, Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono menyampaikan peluncuran Program SIAP QRIS Mal Grand Indonesia ini merupakan bagian untuk mendorong pengguna SIAP QRIS dengan segmen menengah atas yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta.

Doni pun turut mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi meningkatkan pembayaran transaksi secara digital guna memberikan manfaat khususnya bagi UMKM di Indonesia. “Hal ini selaras dengan arahan Presiden Jokowi dalam beberapa agenda besar nasional untuk mengembangkan UMKM melalui digitalisasi dan e-katalog,” kata Doni Primanto Joewono.

Lebih lanjut Doni menambahkan, BI akan terus mengembangkan QRIS bersama industri baik dari sisi fitur maupun penggunaannya termasuk konektivitasnya, secara cross border QRIS antarnegara Indonesia-Thailand yang telah resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 Agustus 2022 dan akan diperluas ke negara ASEAN lainnya.

“Implementasi QRIS cross border dengan Thailand juga mempermudah para turis Thailand untuk bertransaksi di Indonesia termasuk di mal-mal,” ujar Doni Primanto Joewono.

Hingga saat ini, peningkatan transaksi digital melalui QRIS tentunya menjadi game changer dalam akselerasi momentum pemulihan ekonomi Indonesia yang tercatat bulan Juli 2022, volume transaksi QRIS mencapai 81,46 juta atau tumbuh 181% (yoy) dengan nominal transaksi mencapai Rp 9,75 triliun atau tumbuh 282% (yoy).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI