Logo BeritaSatu

Industri Penulisan Bertumbuh, Peluang Jadi Penulis Terbuka

Sabtu, 3 September 2022 | 09:08 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Peluang kerja di industri penulisan masih terbuka lebar. Hal ini sejalan dengan riset Dentsu Aegis Network yang dirlis Dentsu International Indonesia, salah satu jaringan periklanan terbesar di Indonesia, yang memaparkan industri penulisan terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Berdasarkan Dentsu Insights Consumer Report, konsumsi online di Indonesia naik sebesar 70% selama 60 hari setelah pandemi melanda pada 2020. Sementara seiring meningkatnya pengguna internet, industri penulisan juga meningkat.

Penulis mencakup mereka yang paham teknik search engine optimization (SEO), penulis naskah iklan alias copywriting, penulis report writing alias penulis laporan perusahaan seperti annual report dan sustainable report, hingga penyunting naskah buku dan penerjemahan bahasa.

"Ini (industri penulisan) akan terus meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Founder sekaligus Direktur Alveo.co.id, perusahaan yang fokus melayani berbagai macam jenis penulisan kreatif, penerjemahan, dan penyuntingan naskah, Aulia R. Sungkar dalam keterangan tertulisnya Sabtu (3/9/2022)

Menurut Dentsu, konten penulisan sangat penting dalam aktivitas bisnis dan peran digital marketing penting untuk meningkatkan reputasi brand. “Oleh karena itu, jasa penulisan akan terus dibutuhkan oleh perusahaan, organisasi dan institusi, baik yang berskala kecil maupun menengah hingga besar,” ujar Ollie.

Aulia, yang akrab dengan panggilan Ollie menyebut peluang kerja di bidang penulisan terbentang lebar. Hal ini dibuktikan Ollie yang mendirikan Alveo sebagai agensi penulisan dan penerjemahan pada 2016. Hingga kini jumlah klien dan pekerjaan Alevo terus bertumbuh.

Pertumbuhan Alveo dan agensi penulisan lain sebagai indikator bahwa profesi penulis akan terus bertumbuh pesat. “Yang menarik adalah kita tidak harus berlatar belakang sastra untuk bisa menjadi seorang penulis, yang terpenting punya keinginan menjadi penulis, punya growth mindset," kata dia.

Dia mengatakan keinginan untuk meningkatkan skill kepenulisan dengan belajar berbagai teknik atau gaya penulisan harus terus dipupuk. "Hanya dengan begitu kita bisa relevan mengikuti perkembangan terbaru di industri ini,” kata Ollie.

Alveo.co.id mempekerjakan lebih 10 staf dan profesional, baik fulltime maupun paruh waktu, dari berbagai bidang sebagai penulis, penerjemah, penyunting naskah, serta marketing dan admin. “Pola kerja dari rumah (work form home/WFH) sangat fleksibel diterapkan di bidang ini ketika di puncak pandemi kemarin,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendeta Alberth Ingatkan Lukas Enembe Bertanggung Jawab kepada Tuhan

Pendeta Alberth Ingatkan Lukas Enembe Bertanggung Jawab kepada Tuhan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings