Logo BeritaSatu

Semester I, Penjualan Kosmetik Mustika Ratu Melonjak 18%

Senin, 5 September 2022 | 18:03 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) membukukan penjualan bersih sebesar Rp 166,9 miliar di sepanjang semester I 2022. Performa tersebut utamanya ditopang dari penjualan personal care, produk kosmetik, serta jamu dan minuman sebagai produk andalan.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang mengatakan, meski kondisi pasar belum sepenuhnya pulih, perseroan mulai bergerak lebih agresif dengan berinvestasi di kegiatan marketing dan consumer engagement agar dapat mengakselerasi pertumbuhan penjualan di semester II nanti. Sebab, ia menilai, investasi tersebut sedikit banyak akan berimbas pada laba perusahaan.

"Sementara penjualan produk kosmetik yang di enam bulan pertama tahun ini tercatat mengalami peningkatan cukup signifikan sebesar 18,7% menjadi Rp 29,9 miliar dibandingkan penjualan pada semester I tahun lalu sebesar Rp 25,2 miliar," ujar Egi dalam keterangan resmi, Senin (5/9/202).

Tidak berhenti di situ, performa apik perseroan di semester I 2022 juga tampak dari penjualan salah satu produk andalannya yaitu jamu dan minuman kesehatan yang menyumbang pendapatan sebesar Rp 22,1 miliar, tumbuh 11,2% atau setara Rp 19,9 miliar daripada periode yang sama tahun lalu.

Untuk memperkuat struktur permodalan, lanjut Egi, perseroan juga berencana mendivestasi aset berupa tanah yang hasilnya akan digunakan untuk mengembangkan produk baru, product upgrade, memperluas pasar ekspor dan mengoptimalkan peluang bisnis baru selain tentu memperkuat supply chain dan organisasi perusahaan.

"Di tengah berbagai dinamika kondisi eksternal seperti inflasi hingga kendala pada supply chain global, kemampuan perseroan dalam mengelola biaya operasional di tengah kondisi makro yang tidak menentu patut diapresiasi," kata dia.

Hasilnya dapat tercermin dari kinerja perseroan di paruh pertama tahun ini. Mustika Ratu tercatat memperlihatkan pertumbuhan positif terutama dari sisi penjualan produk personal care yang mencatatkan kenaikan sebesar 11,4% menjadi Rp 147,4 miliar daripada semester I 2021 sebesar Rp 132,3 miliar.

Untuk menjaga pertumbuhan penjualan pada tahun ini dan rencana scale up Jejamu by Mustika Ratu, emiten berkode saham Mustika Ratu ini juga menjalin kerja sama dengan end to end healthcare company terbesar di Indonesia untuk memperluas outlet Jejamu di berbagai wilayah.

Menurut Egi, kerja sama tersebut sekaligus meneguhkan eksistensi perseroan sebagai pionir di industri health and wellness di Indonesia.

“Mustika Ratu akan terus fokus mengembangkan pasar di bidang Health, Beauty and Wellness baik melalui multichannel distribution maupun kemitraan. Perseroan juga akan lebih agresif berinvestasi untuk pengembangan unit-unit business-nya. Manajemen juga terus memperluas jaringan kemitraan dengan berbagai pihak agar selepas pandemi menjadi momentum lonjakan penjualan di tahun ini,” pungkas Egi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Semuel menyampaikan, langkah PHK yang diambil perusahaan startup sebetulnya juga terjadi di industri lain, seperti tekstil dan alas kaki.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Gelombang PHK Startup Diprediksi Masih Berlanjut Tahun Depan

Tauhid melihat akan ada beberapa startup yang terpaksa menghentikan bisnisnya di 2023, khususnya financial technology (fintech).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Platform E-Commerce Diminta Prioritaskan Produk Lokal

Menkominfo meminta penyedia e-commerce memprioritaskan platformnya untuk menjual produk lokal dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Hadapi Gelombang PHK, Pengusaha dan Pekerja Harus Duduk Bersama

Pemerintah segera mengajak para pengusaha dan serikat pekerja untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam menghadapi gelombang PHK.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkominfo Minta Startup Lakukan Efisiensi Bukan PHK

Menkominfo menyampaikan, langkah startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) justru membuat masalah baru.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Dubes Heri Fasilitasi Penandatanganan MoU PT MRT Jakarta dan Perusahaan Jepang

Duta Besar untuk Jepang, Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan empat MoU antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem, Telkomsel Hadir di NEX-BE Fest 2022

Tahun ini sebanyak 38 BUMN yang turut berpartisipasi di dalam agenda NEX-BE Fest 2022 di Bali bertemu dengan sekitar 41 startup dari berbagai sektor yang merupakan bagian dari ekosistem.  

EKONOMI | 1 Desember 2022

Bank INA Siap Right Issue Jumbo Rp 1,2 T untuk Perkuat Modal

PT Bank INA Perdana Tbk (BINA) bersiap kembali menggelar rights issue dengan mengincar dana Rp 1,2 triliun dalam rangka memperkuat struktur permodalan. 

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkeu Warning Kualitas Belanja Pusat dan Daerah Diperbaiki

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta kualitas belanja pusat dan daerah harus terus diperbaiki pada 2023.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Industri Asuransi Makin Baik, LPS Bisa Jamin Polis Lebih Cepat

LPS siap menjalankan program penjaminan polis dalam kurun 2 tahun sejak Undang-Undang ditetapkan, bukan 5 tahun seperti yang tengah dicanangkan.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai PHK <em>Startup</em>, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE